KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Aluysius Pandu Saputra, 4101404559 (2009) KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (1137Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika di SMP Negeri 26 Kota Semarang, sebagian besar siswa kelas VII SMP Negeri 26 Kota Semarang mengalami kesulitan pada mata pelajaran matematika. Saat siswa dihadapkan dengan bentuk aljabar yang memuat variabel, banyak dari siswa mengalami kesulitan. Mengingat hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 26 Kota Semarang masih kurang dalam materi pokok persamaan linear satu variabel, maka diperlukan langkah-langkah yang dapat mempermudah pemahaman dan penyelesaian masalah matematika. Pembelajaran dengan suasana belajar aktif yang memberikan kesempatan siswa untuk memperoleh pemahaman sendiri, dapat diterapkan dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan PMRI pada materi pokok persamaan linear satu variabel efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 26 Kota Semarang tahun pelajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 26 Kota Semarang tahun pelajaran 2008/2009 sebanyak 275 siswa yang terbagi dalam 7 (tujuh) kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Terpilih sampel penelitian, yaitu siswa VII G sebagai kelas eksperimen dan siswa VII F sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk kelas uji coba adalah kelas VII D. Hasil penelitian berdasarkan uji t dua sampel, diperoleh thitung = 1,73 > ttabel = 1,673 pada taraf signifikansi 5%, sehingga H 0 ditolak. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 72,51 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 67,15. Kedua kelas mempunyai rata-rata > 65, dan rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini berarti pembelajaran dengan pendekatan PMRI efektif terhadap hasil belajar. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan PMRI efektif terhadap hasil hasil belajar pada meteri pokok persamaan linear satu variabel siswa kelas VII SMP Negeri 26 Kota Semarang. Disarankan kepada guru untuk dapat mengembangkan kreatifitas dalam pembuatan soal, yaitu lebih mengaitkan masalah pada soal dengan kegiatan sehari-hari dan membimbing siswa untuk lebih mandiri dalam menyelesaikan soal sehingga keaktifan siswa dapat lebih ditingkatkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 27 Mar 2011 22:23
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:59

    Actions (login required)

    View Item