EFEKTIVITAS GAME CAR MECHANIC SIMULATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR CARA PERAWATAN SISTEM KOPLING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TKR SMK MUHAMMADYAH 2 BOJA


Nur Argo Mushofa, 5202414086 (2019) EFEKTIVITAS GAME CAR MECHANIC SIMULATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR CARA PERAWATAN SISTEM KOPLING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TKR SMK MUHAMMADYAH 2 BOJA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIVITAS GAME CAR MECHANIC SIMULATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR CARA PERAWATAN SISTEM KOPLING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TKR SMK MUHAMMADYAH 2 BOJA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS GAME CAR MECHANIC SIMULATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR CARA PERAWATAN SISTEM KOPLING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TKR SMK MUHAMMADYAH 2 BOJA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggetahui evektifitas dari penggunaan Game Car Mechanic Simulator sebagai media pembelajaran sistem kopling pada siswa SMK kelas 11, selain itu bertujuan untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan game car mechanic smulator sebagai media pembelajaran perawatan sistem kopling di SMK Muhammadyah 2 Boja. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiah 2 Boja sejumlah 155 siswa, diambil sampel sebanyak 60 siswa yang terdiri dalam 2 kelas yaitu kelas eksperimen sejumlah 30 siswa dan kelas kontrol sejumlah 30 siswa. Data yang dikumpulkan dengan angket dan nilai tes siswa. Objek dari penelitian ini adalah media game car mechanic simulator. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji t dan uji N-gain. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media ini efektif. Peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 78,27, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 71,41, maka perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol sebesar 6,86. Hasil uji t terdapat perbedaan yang signifikan dilihat dari hasil thitung = 4,77 > ttabel 2,002. Hasil uji gain pada kelas eksperimen sebesar 0,422 termasuk dalam kategori peningkatan sedang, Hasil angket tanggapan kepuasan siswa setelah menggunakan media game car mechanic simulator mendapatakn tingkat kepuasan sebesar 70%. Hasil tersebut membuktikan bahwa media game car mechanic simulator merupakan media yang efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Car Mechanic Simulator, Media pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 May 2020 15:15
Last Modified: 14 May 2020 15:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36298

Actions (login required)

View Item View Item