ANALISIS KELELAHAN (FATIGUE) CHASSIS FRAME BUS LISTRIK PT. MOBIL ANAK BANGSA MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR 2019


RIZKI HADI AMINUDIN , 5202414025 (2019) ANALISIS KELELAHAN (FATIGUE) CHASSIS FRAME BUS LISTRIK PT. MOBIL ANAK BANGSA MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KELELAHAN (FATIGUE) CHASSIS FRAME BUS LISTRIK PT. MOBIL ANAK BANGSA MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR 2019]
Preview
PDF (ANALISIS KELELAHAN (FATIGUE) CHASSIS FRAME BUS LISTRIK PT. MOBIL ANAK BANGSA MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR 2019) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan chassis frame MD12-LE dan mengetahui peningkatan ketahanan chassis frame MD12-LE setelah dilakukan perubahan geometri chassis frame MD12-LE. Penelitian ini dilakukan secara komputasi dengan metode elemen hingga (FEM) pada software Autodesk Inventor 2019 dan ANSYS Workbench 18.1, analisis yang dilakukan meliputi stress analysis, modal analysis dan fatigue analysis. Objek yang dianalisis adalah chassis frame MD12-LE dan chassis frame MD12-LE yang telah mengalami perubahan geometri. Desain penelitian yang dilakukan meliputi pengumpulan data geometri rangka desain dan spesifikasi bus listrik MD12-LE, melakukan pemodelan rangka yang belum dilakukan peqrubahan geometri, memasukkan data material chassis, memasukkan data boundary condition, dan menjalankan perhitungan analisis. Perubahan geometri yang dilakukan pada chassis frame MD12-LE terdapat pada rear shock absorber bracket melalui penambahan ketebalan dari 4 mm menjadi 6mm, penambahan dimensi tinggi dari 40 mm menjadi 72 mm dan penambahan flens sepanjang objek dengan dimensi lebar 20 mm. Hasil analisis yang diperoleh pada chassis frame MD12-LE tanpa perubahan geometri, stress von misses yang diperoleh adalah 765,3 MPa terdapat pada daerah rear shock absorber bracket, frekuensi natural maksimum 26,06 Hz dan nilai fatigue life minimum646.62siklus dengan nilai fatigue life maksimum adalah 106 siklus. Hasil analisis pada chassis frame MD12-LE yang dilakukan perubahan geometri pada stress von misses adalah 275,3 MPa, frekuensi natural 26,44 Hz, dan fatigue life minimum754.19 siklus dengan skala merah atau kritis fatigue life mengalami penurunan dari chassi frame tanpa adanya perubahan geometri. Disimpulkan adanya peningkatan ketahan pada chassis frame MD12-LE yang telah dilakukan perubahan geometri terhadap beberapa jenis analisis yang dilakukan. Saran dalam penelitian, diharapkan mampu mengurangi nilai stress melalui perubahan komponen chassis frame yang lain, pengembangan analisis dapat dilakukan melalui penambahan body structure chassis frame MD12-LE, analisis pada chassis frame diharapkan dapat dilakukan dengan berbagai software CAD untuk mengetahui perbedaan hasil analisis setiap software, dan analisis dengan software sebaiknya dilakukan pengujian lab untuk mngetahui validitas hasil analisis secara komputasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chassis frame, FEM, stress, modal analysi, fatigue analysis.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 May 2020 15:44
Last Modified: 13 May 2020 15:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36284

Actions (login required)

View Item View Item