KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL JAGADE KANISTHAN KARYA TULUS SETIYADI: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA


Fauziah Nendrawati, 2601415097 (2020) KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL JAGADE KANISTHAN KARYA TULUS SETIYADI: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL JAGADE KANISTHAN KARYA TULUS SETIYADI: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA]
Preview
PDF (KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL JAGADE KANISTHAN KARYA TULUS SETIYADI: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA) - Published Version
Download (621kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan dan keinginan untuk mengetahui lebih dalam kepribadian Widya sebagai tokoh utama dalam novel Jagade Kanisthan karya Tulus Setiyadi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) apa saja konflik yang dialami tokoh utama dalam novel Jagade Kanisthan, (2) kepribadian tokoh utama dalam novel Jagade Kanisthan. Teori yang digunakan yaitu teori psikoanalisis Sigmund Freud. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah membaca pemahaman heuristik dan hermeneutik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik interpretasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) konflik batin dan konflik sosial yang dialami tokoh utama. Konflik batin yang dialami tokoh utama dalam novel ini terjadi antara Widya dengan Widodo, Rudy, Kendra, dan Ragita. Konflik sosial terjadi antara Jimy dan Rudy, Endang dan Riris, dan Widya dan Jayanti, (2) kepribadian tokoh utama yang meliputi id, ego, dan superego. Id mencakup tentang jatuh cinta antara Widya dengan Rudy, Kendra, dan Ragita. Ego Widya yang nampak saat dihadapkan dengan kenyataan harus mengalami bahagia, sedih, marah, dan lain-lain. Superego yang mencakup tentang penyesalan, menentukan pilihan, mempertimbangkan, dan lapang dada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Tokoh Utama, Novel
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 12 May 2020 17:28
Last Modified: 15 Oct 2020 07:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36272

Actions (login required)

View Item View Item