MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MERINGKAS TEKS LEGENDA DI SMP N 1 BATANGAN


Rike Wulandari , 2601415051 (2019) MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MERINGKAS TEKS LEGENDA DI SMP N 1 BATANGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MERINGKAS TEKS LEGENDA DI SMP N 1 BATANGAN]
Preview
PDF (MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MERINGKAS TEKS LEGENDA DI SMP N 1 BATANGAN) - Published Version
Download (742kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran teks legenda merupakan materi yang terdapat dalam kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Jawa di jenjang SMP/sederajat. Pembelajaran teks legenda yang tedapat pada kelas VIII menekankan pada aspek pemahaman dan keterampilan meringkas. Pembelajaran teks legenda di SMP N 1 Batangan guru masih menerapkan metode konvensional. Peneliti menggunakan metode pembelajaran yaitu metode mind mapping dalam penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran meringkas teks legenda/asal-usul tempat? (2) Bagaimana hasil meringkas siswa menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran meringkas teks legenda/asal-usul tempat? Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran meringkas teks legenda/asal-usul tempat dan (2) Menjelaskan hasil meringkas siswa menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran meringkas teks legenda/asal-usul tempat. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Batangan, sementara sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII B SMP N 1 Batangan. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes yang berupa tes meringkas, teknik nontes meliputi observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode mind mapping berjalan efektif dan efisien sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun oleh peneliti dengan konsultasi kepada guru bahasa Jawa kelas VIII B SMP N 1 Batangan. Pelaksanaan pembelajaran meliputi 3 tahap yaitu pendahuluan, inti dan penutup yang berdasar pada Permendikbud No.22 tahun 2016 dan dengan menerapkan metode mind mapping dari Buzan, setelah dilaksanakan pembelajaran kemudian dilakukan evaluasi meringkas teks legenda dengan lima kriteria penilaian. (2) Pembelajaran meringkas teks legenda menggunakan metode mind mapping yang telah dilakukan di kelas VIII B berjumlah 32 siswa menghasilkan nilai rata-rata sebesar 83,25 dengan nilai tertinggi 97 dan nilai terrendah 71. 22 siswa mendapat nilai 81-100 dengan kategori sangat baik dan 10 siswa mendapat nilai 71-80 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode mind mapping, pembelajaran teks legenda.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 12 May 2020 17:00
Last Modified: 12 May 2020 17:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36271

Actions (login required)

View Item View Item