ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN ROCKBOLT PADA TEROWONGAN NOTOG BH 1440 MENGGUNAKAN SOFTWARE PHASE2
ANNISAUL HIDAYAH , 5113415007 (2019) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN ROCKBOLT PADA TEROWONGAN NOTOG BH 1440 MENGGUNAKAN SOFTWARE PHASE2. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN ROCKBOLT PADA TEROWONGAN NOTOG BH 1440 MENGGUNAKAN SOFTWARE PHASE2)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Transportasi merupakan hal yang sangat penting bagi manusia mengingat perkembangan penduduk yang sangat pesat pada masa sekarang serta pemerataan pembangunan diberbagai tempat menyebabkan kebutuhan akan fasilitas sosial meningkat termasuk pada kebutuhan transportasi. Dengan perkembangan kemajuan teknologi di bidang teknik sipil, pembangunan terowongan tembus bukit sebagai jalur transportasi dibuat untuk memangkas jarak tempuh jalur transportasi darat. Dalam proses pembuatan terowongan, sering kita dapati adanya penurunan karena terjadinya deformasi pada tanah di daerah sekitar bukaan terowongan disebabkan proses penggalian, proses pengeboran bukaan terowongan ataupun karena adanya pengaruh beban di atasnya yang dilakukan tergantung jenis tanah pada daerah tersebut. Permasalahan yang ada demikian mengarah kepada optimalisasi aspek-aspek geoteknik, pencegahan kegagalan terowongan, serta memperhitungkan kegagalan dalam proses penggalian terowongan. Penelitian ini menganalisis perkuatan dinding terowongan menggunakan Rockbolt dan Lining beton. Dilakukan perbandingan penurunan tanah sebelum konstruksi terowongan menggunakan Rockbolt dan sesudah menggunakan Rockbolt menggunakan program Rocscience Phase2. Hasil penelitian didapatkan terowongan dengan penyangga Rockbolt lebih stabil dibandingkan dengan terowongan yang tidak menggunakan Rockbolt dilihat dari nilai σ1, σ3, σ2, horizontal displacement, vertikal displacement, volumetric strain, dan shear strain. Nilai σ1 sebesar 8,165 MPa pada terowongan tanpa Rockbolt dan 0,479 MPa pada terowongan dengan Rockbolt. Nilai σ3 sebesar 1,805 MPa pada terowongan tanpa Rockbolt dan 0,523 MPa pada terowongan dengan Rockbolt. Nilai σ2 sebesar 7,294 MPa pada terowongan tanpa Rockbolt dan 0,693 MPa pada terowongan dengan Rockbolt. Displacement yang terjadi pada puncak (crown) terowongan yang tidak menggunakan Rockbolt sebesar 1,49 meter, sedangkan displacement pada terowongan yang menggunakan Rockbolt sebesar 0,008 meter. Volumetric strain yang terjadi pada terowongan yang tidak menggunakan Rockbolt sebesar 2,7% sedangkan displacement pada terowongan yang menggunakan Rockbolt sebesar 0,03%. Shear strain yang terjadi pada terowongan yang tidak menggunakan Rockbolt sebesar 4,77% sedangkan displacement pada terowongan yang menggunakan Rockbolt sebesar 0,29%. Berdasarkan parameter di atas maka hasil penelitian disimpulkan bahwa Rockbolt sangat berpengaruh dalam penyanggaan terowongan. Besarnya pengaruh penggunaan Rockbolt pada terowongan tergantung dari kualitas dan spesifikasi dari Rockbolt tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terowongan, Displacement, Rockbolt, Phase2 |
Subjects: | T Technology > TYA Teknik Sipil |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 12 May 2020 14:38 |
Last Modified: | 12 May 2020 14:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36253 |
Actions (login required)
View Item |