PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MATA PELAJARAN SISTEM AC (AIR CONDITIONER) DI SMK BHAKTI PRAJA JEPARA


HERIPRASOJO , 5202412023 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MATA PELAJARAN SISTEM AC (AIR CONDITIONER) DI SMK BHAKTI PRAJA JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MATA PELAJARAN SISTEM AC (AIR CONDITIONER) DI SMK BHAKTI PRAJA JEPARA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MATA PELAJARAN SISTEM AC (AIR CONDITIONER) DI SMK BHAKTI PRAJA JEPARA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Materi sistem AC (Air Conditioner) yang disampaikan sebelumnya belum mencakup seluruh tujuan pembelajaran terutama pada cara perawatan dan pemeliharaan sistem AC (Air Conditioner). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran sistem AC (Air Conditioner) yang dikembangkan. Model pengembangan media pembelajaran ini menggunakan pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Develope, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model eksperimen one group pretest-postest design. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif. Sebelum diterapkan pada subjek uji coba, multimedia terlebih dahulu dilakukan validasi kepada validator. Validator yang dimaksud adalah 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. Subjek uji coba dalam penelitian berjumlah 30 siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan, SMK Bhakti Praja Jepara. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu instrumen tes. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran sistem AC (Air Conditioner) yang dapat membantu siswa dalam memahami materi sistem AC (Air Conditioner) dengan baik. Multimedia memiliki fitur tambahan berupa teks, gambar, link, audio, video, dan animasi. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk, diperoleh persentase data akhir sebesar 80,5% untuk ahli media dan 78,12% untuk ahli materi, sehingga produk multimedia sistem AC (Air Conditioner) yang dikembangkan tersebut memenuhi kategori layak. Multimedia dapat memberikan sumbangan hasil belajar siswa, terdapat perbedaan yang signifikan, hal ini terbukti dari hasil uji t-posttest bahwa nilai t hitung = 7,211 > dari tabel = 1,67 dan hasil uji t-pretest bahwa nilai t hitung = 0,662 < dari tabel = 1,67 yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar secara signifikan. Hasil belajar siswa diperoleh rata-rata uji gain sebesar 0,7 dengan kriteria peningkatan sedang. Oleh karena itu dapat disimpulkan multimedia membantu siswa dalam memahami materi sistem AC (Air Conditioner). Penelitian ini diharapkan mampu membantu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil media pembelajaran yang telah dikembangkan dapat dimanfaatkan untuk membantu proses pembelajaran sistem AC (Air Conditioner) dan sebagai upaya untuk membantu dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Sistem AC (Air Conditioner), ADDIE
Subjects: T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 May 2020 14:34
Last Modified: 12 May 2020 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36246

Actions (login required)

View Item View Item