PENGGUNAAN ALAT ACCELEROMETER UNTUK MENGANALISA KONDISI BAWAH PERMUKAAN STRUKTUR KAKU (BETON) DI JALAN SEKARAN RAYA KOTA SEMARANG


Muhammad Ilham Bagus Purnamasidi , 5113414042 (2019) PENGGUNAAN ALAT ACCELEROMETER UNTUK MENGANALISA KONDISI BAWAH PERMUKAAN STRUKTUR KAKU (BETON) DI JALAN SEKARAN RAYA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGGUNAAN ALAT ACCELEROMETER UNTUK MENGANALISA KONDISI BAWAH PERMUKAAN STRUKTUR KAKU (BETON) DI JALAN SEKARAN RAYA KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGGUNAAN ALAT ACCELEROMETER UNTUK MENGANALISA KONDISI BAWAH PERMUKAAN STRUKTUR KAKU (BETON) DI JALAN SEKARAN RAYA KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkerasan jalan raya dirancang dengan kapasistas dan kekuatan tertentu terhadap beban kendaraan yang melintas. Struktur perkerasan jalan apabila mengalami deformasi terus-menerus dalam nilai yang besar maka struktur jalan terutama bagian permukaan akan mengalami kerusakan lebih cepat dari yang direncanakan. Penelitian ini bertujuan adalah (1) Mengetahui nilai percepatan, kecepatan, deformasi, dan frekuensi akibat beban melintas dengan alat accelerometer.; (2) Menganalisis deformasi struktur perkerasaan permukaan jalan.; (3) Menganalisis kinerja alat accelerometer dalam mengidentifikasi kondisi bawah permukaan jalan.; (4) Membandingkan nilai DEF accelerometer dengan ESAL Bina Marga. Studi ini dilakukan pada Jalan Sekaran Raya, Gunungpati, Kota Semarang. Obyek studi adalah struktur permukaan jalan kaku. Metode yang digunakan adalah Deskriptif Evaluatif. Analisis data yang dipakai adalah (1) Metode analisis percepatan, kecepatan, dan deformasi.; (2) Metode analisis Power Spektral Density.; (3) Metode grafik hasil output softwere DSAcc. Besarnya nilai percepatan untuk sepeda motor ialah dibawah ± 0,72 m/s2 dan untuk kendaran ringan diantara 0,82 m/s2 sampai dengan ± 2,0 m/s2. Keduanya memiliki nilai displacement sangat kecil (mendekati 0), yaitu 0,00012 mm untuk kendaraan ringan dan 0,00008 mm untuk sepedamotor. Koreksi nilai DEF cukup kecil dibandingkan ESAL Bina Marga. Metode ini telah mampu menampilkan hasil pembacaan percepatan, kecepatan, displacement dalam bentuk tabel dan grafik pada komputer.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Kaku, Percepatan, Kecepatan, Displacement, Frekuensi Getaran, Accelerometer, ESAL, Jalan Sekaran Raya.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 12 May 2020 14:06
Last Modified: 12 May 2020 14:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36235

Actions (login required)

View Item View Item