ANALISA KONDISI BAWAH PERMUKAAN STRUKTUR PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN ALAT ACCELEROMETER PADA JALAN PATEMON RAYA


Putra Adji Pramana , 5113414036 (2019) ANALISA KONDISI BAWAH PERMUKAAN STRUKTUR PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN ALAT ACCELEROMETER PADA JALAN PATEMON RAYA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISA KONDISI BAWAH PERMUKAAN STRUKTUR PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN ALAT ACCELEROMETER PADA JALAN PATEMON RAYA]
Preview
PDF (ANALISA KONDISI BAWAH PERMUKAAN STRUKTUR PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN ALAT ACCELEROMETER PADA JALAN PATEMON RAYA) - Published Version
Download (347kB) | Preview

Abstract

Di Indonesia tes uji kelayakan masih dilakukan dengan cara destruktif atau merusak struktur perkerasan yaitu dengan metode core drill atau mengambil sampel untuk uji laboratorium. Penelitian ini diharapkan digunakan sebagai pandangan untuk tes uji kelayakan dengan cara non destruktif. Tujuan penilitian ini adalah (1) Mengetahui penerapan alat Accelerometer.; (2) Mengetahui frekuensi getaran yang diakibatkan kendaraan terhadap struktur perkerasan.; dan (3) Mengetahui metode tersebut apakah sudah relevan digunakan. Studi ini dilakukan pada Jalan Patemon, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Metode yang dipakai adalah Deskriptif Evaluatif. Obyek studi yang menjadi bahan penelitian adalah struktur perkerasan lentur dan kendaraan yang melintas. Analisis data yang dipakai adalah (1) metode analisis percepatan, kecepatan, displacement, frekuensi; (2) metode analisis Power Spectral Density; (3) metode analisis grafik dari software DSAcc; (4) metode analisis offline data vibrasi. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Dari hasil pembacaan software DSAcc didapat percepatan partikel tanah terendah yaitu dari kendaraan bermotor dengan nilai 0,07 m/s2 dengan kecepatan 0,002 m/s, sedangkan percepatan partikel tanah tertinggi yaitu dari mobil dengan nilai 1,6 m/s2 dengan kecepatan 0,012 m/s. Displacement yang terbaca untuk nilai kendaraan bermotor 0,0001 mm dan mobil 0,001 mm. Nilai frekuensi terendah yaitu dari kendaraan bermotor dengan nilai 3,33 Hz, nilai tertinggi yaitu dari mobil dengan nilai 46,08 Hz.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Accelerometer, Struktur Perkerasan Lentur, Percepatan, Kecepatan, Displacement, Frekuensi Getaran
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 12 May 2020 14:01
Last Modified: 12 May 2020 14:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36233

Actions (login required)

View Item View Item