ANALISA PENGARUH VARIASI BENTUK DAN DIMENSI TERHADAP STRUKTUR KOLOM BETON BERTULANG PADA JEMBATAN KALI KENDENG


Kandida Rahardian Dewantara , 5113414028 (2019) ANALISA PENGARUH VARIASI BENTUK DAN DIMENSI TERHADAP STRUKTUR KOLOM BETON BERTULANG PADA JEMBATAN KALI KENDENG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISA PENGARUH VARIASI BENTUK DAN DIMENSI TERHADAP STRUKTUR KOLOM BETON BERTULANG PADA JEMBATAN KALI KENDENG]
Preview
PDF (ANALISA PENGARUH VARIASI BENTUK DAN DIMENSI TERHADAP STRUKTUR KOLOM BETON BERTULANG PADA JEMBATAN KALI KENDENG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kolom persegi yaitu kolom segi empat yang mempunyai bentuk sengkang tunggal dan jarak antara yang besar. Sedangkan kolom bulat yaitu kolom berpenampang spiral dan memiliki jarak sengkang berdekatan atau jarak antara yang relatif lebih kecil. Parameter dalam perencanaan kolom antara lain syarat penulangan ,kelangsingan kolom, faktor tekuk, diagram interaksi, dan daktilitas. Penelitian ini menggunakan data kolom eksisting berbentuk persegi dengan dimensi 3,5x3,5 m dari Jembatan Kali Kendeng di Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang-Surakarta. Dari data tersebut dilakukan variasi bentuk kolom menjadi kolom bulat dengan menghitung momen inersia kedua penampang. Kemudian dilakukan variasi dimensi dengan menghitung syarat rasio penulangan. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan desain kolom yang efektif. Langkah pertama yaitu menganalisis pembebanan jembatan dengan SNI pembebanan gempa untuk jembatan 2833:2016 dan SNI pembebanan untuk jembatan 1725:2016. Setelah itu, melakukan perhitungan persyaratan kolom beton bertulang dan diperiksa melalui aplikasi SAP2000. Kemudian menganalisis output SAP2000, sehingga diperoleh gaya momen dan geser pada kolom persegi dan bulat. Dengan bahan yang sama yaitu beton mutu 30 MPa dan baja mutu 390 MPa, didapatkan hasil angka kelangsingan, faktor tekuk dan jari-jari inersia antara kolom persegi dan bulat adalah sama. Nilai momen maksimal pada kolom persegi sebesar 60704.8718 kN-m dan geser maksimal sebesar 2358.14 kN. Sedangkan pada kolom bulat didapatkan momen maksimal sebesar 60685.1944 kN-m dan geser maksimal sebesar 2358.65 kN. Tinjauan dari segi daktilitas relatif sama antara kolom persegi maupun kolom bulat dan nilai daktilitas menunjukkan semakin berkurangnya luas penampang semakin kecil nilai daktilitas. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa kolom bulat lebih baik dalam hal menahan momen dan geser, daripada kolom berbentuk persegi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kolom Persegi dan Bulat
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 12 May 2020 13:58
Last Modified: 12 May 2020 13:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36232

Actions (login required)

View Item View Item