ANALISIS PERBAIKAN PERKERASAN PADA RUAS JALAN KEDUNGCINO-BANDENGAN KECAMATAN JEPARA DENGAN PERKERASAN KAKU


Ana Fu’ana , 5113414008 (2019) ANALISIS PERBAIKAN PERKERASAN PADA RUAS JALAN KEDUNGCINO-BANDENGAN KECAMATAN JEPARA DENGAN PERKERASAN KAKU. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS PERBAIKAN PERKERASAN PADA RUAS JALAN KEDUNGCINO-BANDENGAN KECAMATAN JEPARA DENGAN PERKERASAN KAKU]
Preview
PDF (ANALISIS PERBAIKAN PERKERASAN PADA RUAS JALAN KEDUNGCINO-BANDENGAN KECAMATAN JEPARA DENGAN PERKERASAN KAKU) - Published Version
Download (894kB) | Preview

Abstract

Ruas Jalan Kedungcino-Bandengan merupakan alternatif pilihan yang menghubungkan akses Ruas Jalan Raya Nasional Jepara-Bangsri menuju ke kawasan wisata Bandengan. Selain itu ruas jalan ini sering dijumpai kemacetan dan kerusakan perkerasn. Hambatan-hambatan yang terjadi adalah kurang lebarnya jalur dan umur perkerasan yang pendek mengakibatkan perkerasan aspal menjadi bergelombang dan russak. Oleh karena itu, dalam studi ini akan dilakukan analisis perbaikan perkerasan yang tepat pada Ruas Jalan Kedungcino – Bandengan dengan menggunakan perkerasan kaku. Perkerasan existing jalan Kedungcino-Bandengan akan dievaluasi dan kemudian direncanakan menggunakan perkerasan kaku berdasarkan Pd. T-14-2004. Evaluasi dilakukan menggunakan data CBR lapangan dengan uji DCP dan data CBR laboratorium sebagai data penunjang yang mengacu pada SNI 1744:2012. Perencanaan saluran tepi jalan (drainase) dengan menggunakan Perencanaan Sistem Drainase Permukaan Jalan Departemen PU Pd. T-02-2006-B dan untuk perhitungan Rencana Anggaran Biaya menggunakan AHSP (Analisis Harga Satuan Pekerjaan) Kabupaten Jepara tahun 2018. Didapatkan hasil struktur perkerasan yang tepat yaitu struktur perkerasan beton semen (rigid pavement) pada alternatif 2 dengan lebar pekerjaan 7 meter. Dengan spesifikasi tebal perkerasan beton 25 cm, pelat per segmen dengan lebar 350 cm dan panjang 500 cm, LMC (Lean Mix Concrete) dengan tebal 10 cm, sambungan melintang antar segmen berupa ruji polos (dowel) D33 dengan panjang 45 cm dan jarak antar ruji 30 cm, dan baja ulir (tie bar) sebagi sambungan memanjang antar segmen, serta saluran drainase jalan berjenis penampang segiempat dengan lebar 50 cm dan tinggi 65 cm (pasangan batu bata). Biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan di ruas Jalan Kedungcino-Bandengan Kecamatan Jepara dengan pilihan struktur perkerasan beton semen (rigid pavement) pada alternatif 2 sebesar Rp. 10.093.699.786,-. Jika dibandingkan dengan perkerasan pada alternatif 2 terdapat selisih biaya sebesar 2,24%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbaikan Jalan; Perkerasan Kaku; Drainase Jalan; CBR; DCP.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 May 2020 01:36
Last Modified: 10 May 2020 01:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36215

Actions (login required)

View Item View Item