REDESAIN JAKARTA TOURISM SCHOOL DENGAN PENDEKATAN PRINSIP ARSITEKTUR MODERN LE-CORBUSIER


Delvi Irene Sitohang, 5112415022 (2019) REDESAIN JAKARTA TOURISM SCHOOL DENGAN PENDEKATAN PRINSIP ARSITEKTUR MODERN LE-CORBUSIER. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of REDESAIN JAKARTA TOURISM SCHOOL DENGAN PENDEKATAN PRINSIP ARSITEKTUR MODERN LE-CORBUSIER]
Preview
PDF (REDESAIN JAKARTA TOURISM SCHOOL DENGAN PENDEKATAN PRINSIP ARSITEKTUR MODERN LE-CORBUSIER) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

SMK Jakarta Wisata adalah Sekolah Jurusan Pariwisata pertama di Jakarta Selatan yang dibangun pada tahun 1987 yang terletak di Jalan Iskandar Muda, Praja Dalam E No.3, Kebayoran Lama Selatan, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan. SMK Jakarta Wisata sampai saat ini belum memiliki Gedung praktek perhotelan yang memadai untuk pelaksanaan kegiatannya, masih menggunakan gedung lama yang sudah tidak bisa menampung kegiatan praktek siswa-siswi karena belum memiliki sarana dan prasarana. Maka dari itu perlu adanya “Education Hotel” untuk memfasilitasi siswa/i setiap praktek belajar dan mengajar. Selanjutnya pada perencanaan dan perancangan “Jakarta Tourism School dengan Pendekatan Prinsip Arsitektur Modern Le-Corbusier”, penulis melakukan proses pengumpulan data baik langsung maupun tidak langsung. Setelah data yang dibutuhkan tekumpul, langkah selanjutnya yaitu proses analisa sehingga memperoleh hasil yang terbaik. Selama proses analisa, pendekatan desain arsitektur Arsitektur Modern Le-Corbusier digunakan. Analisa yang dilakukan terbagi ke dalam 5 (lima) aspek perencanaan dan perancangan arsitektur yaitu aspek fungsional, aspek kontekstual, aspek kinerja, aspek struktural, dan aspek arsitektural. Bedasarkan pengumpulan data, analisa, dan pendekatan yang dilakukan, didapatkan rekomendasi desain sebuah “Jakarta Tourism School dengan Pendekatan Prinsip Arsitektur Modern Le-Corbusier” yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam melakukan proses desain selanjutnya, aspek-aspek perencanaan dan perancangan arsitektur yang telah dianalisa dijadikan sebagai pedoman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SMK Jakarta Wisata, Sekolah Jurusan Pariwisata, Tahapan Desain, Aspek Perencanaan dan Perancangan Arsitektur
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 May 2020 01:14
Last Modified: 10 May 2020 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36207

Actions (login required)

View Item View Item