SALATIGA CONTEMPORAR ART SPACE DENGAN PENDEKATAN TEORI URBAN KONTEMPORER LANDASAN PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (LP3A)


ANIS LUTHFIYANTO , 5112414036 (2019) SALATIGA CONTEMPORAR ART SPACE DENGAN PENDEKATAN TEORI URBAN KONTEMPORER LANDASAN PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (LP3A). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SALATIGA CONTEMPORAR ART SPACE DENGAN PENDEKATAN TEORI URBAN KONTEMPORER LANDASAN PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (LP3A)]
Preview
PDF (SALATIGA CONTEMPORAR ART SPACE DENGAN PENDEKATAN TEORI URBAN KONTEMPORER LANDASAN PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (LP3A)) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Seni kontemporer masuk di salatiga antara tahun 2012 – 2014, tahun itu adalah masa transisi senirupa di salatiga, dari yang sebelumnya langgam seni di salatiga berorientasi pada seni realisme. Seni kontemporer hadir karena keresahan seniman lokal, karena kurangnya inovasi dan warna warni dalam berkreasi. Salatiga Contemporar Art Space (SCAs) merupakan sebuah tempat yang akan mewadahi dan mengembangkan industri Seni Kontemporer pada, fotografi, seni pertunjukan, dan senirupa, melalui kegiatan, workshop, gelar karya, seminar, dan pertunjukan. Fasilitas utama yang dihadirkan antara lain; (1) galeri; (2)auditorium, kelas diskusi dan Teater Indoor; (3) teater Outdoor; (5) Art store; (6)perpustakaan; (7)Cafe ; (7)kantor. Diharapkan dengan adanya Salatiga Contemporar Art kota Salatiga dapat menyalurkan potensi seni Kontemporer mereka dan mendapat apresiasi, bentuk apresiasi bisa berupa Kegiatan menonton dan menikmati karya,berdiskusi terarah baik formal dan informal, Pengembangan wacana melalui penelitian, penuilsan review, dan kritik, Koleksi Publik - Kegiatan mengkoleksi karya yang dilakukan olen lembaga seni publik, dan ditampilkan kembali untuk publik luas, Koleksi Privat - Kegiatan mengkoleksi karya yang dilakukan untuk disimpan dan dinikmati pribadi atau kelompok kecil tertentu oleh masyarakat kota Salatiga pada khususnya dan khalayak lebih luas pada umumnya. Salatiga Contemporar Art Space didesain melaui pendekatan teori Arsitektur Urban Kontemporer. Salah satu tokoh yang memakai Teori tersebut dalam praktik berarsitekturnya adalah arsitek Alvar Aalto, di dalam setiap merancang karyanya yang memiliki beberapa metode desain , namun bukanlah ruang jika orang tidak dapat memahami bagaimana ruang itu diciptakan. Arsitektur Urban Kontemporer memiliki definisi suatu terobosan baru dalam dunia arsitektur yaitu tentang merancang suatu karya arsitektur kota yang mampu bertahan hingga waktu yang tidak dapat di tentukan, atau minimal masih relevan untuk memecahkan permasalahan arsitektur kota untuk masa mendatang, menurut louis kahn arsitektur kontemporer lebih dari sekedar langgam arsitektur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Seni Kontemporer; Contemporar Art Space; Arsitektur Urban Kontemporer; Kota Salatiga
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 May 2020 16:26
Last Modified: 09 May 2020 16:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36201

Actions (login required)

View Item View Item