PENGARUH SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM GAMBAR MANUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 4 SEMARANG 2019
Septian Wahyu Nur Cahyadi , 5101415030 (2019) PENGARUH SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM GAMBAR MANUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 4 SEMARANG 2019. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM GAMBAR MANUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 4 SEMARANG 2019)
- Published Version
Download (567kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesesuaian sarana dan prasarana laboratorium gambar manual yang ada di Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. SMK Negeri 4 Semarang berdasarkan standar yang ditetapkan oleh Permendiknas No.40 Tahun 2008. Serta untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana laboratorium gambar manual terhadap hasil belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 4 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena informasi atau data yang telah didapatkan akan diwujudkan dalam bentuk angka dan dianalisis berdasarkan analisis statistik. Metode pengumpulan data dengan cara observasi dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen penelitian berupa checklist yang digunakan pada saat observasi dengan rating skala presentase kemudian data yang diperoleh dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan berdasarkan Permendiknas No. 40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK), serta dengan angket persepsi siswa untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap sarana prasarana laboratorium gambar manual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh sarana dan prasarana laboratorium gambar manual terhadap hasil belajar siswa sangatlah kecil yaitu sebesar 4.7%, yang artinya faktor selain sarana dan prasarana lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah meningkatkan kondisi kenyamanan kursi dan meja gambar, lemari penyimpanan belum tersedia diruangan, jobsheet perlu diperbaiki agar lebih mudah dipahami, alat kebersihan dikelas masih kurang, tingkat kebisingan ruang juga perlu adanya penanganan supaya tidak terlalu mengganggu siswa dalam pembelajaran, pencahayaan ruang gambar manual juga perlu ditingkatkan demi kenyamanan saat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Sarana dan Prasarana, Gambar Manual, Hasil Belajar, Gambar Teknik. |
Subjects: | T Technology > TYA Teknik Sipil |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 09 May 2020 13:35 |
Last Modified: | 09 May 2020 13:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36183 |
Actions (login required)
View Item |