ANALISIS KEMAMPUAN BAHASA JEPANG MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA MAN 1 MAGELANG


Ali Reza Fauzan , 2302414033 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BAHASA JEPANG MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA MAN 1 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN BAHASA JEPANG MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA MAN 1 MAGELANG]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN BAHASA JEPANG MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA MAN 1 MAGELANG) - Published Version
Download (929kB) | Preview

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini, mempelajari bahasa asing adalah suatu nilai tambah untuk mencari kerja maupun beasiswa pendidikan. Salah satu bahasa asing yang diajarkan di beberapa SMA di Indonesia adalah Bahasa Jepang. MAN 1 Magelang merupakan salah satu sekolah yang memiliki kelas bahasa yang mengajarkan mata pelajaran Bahasa Jepang. Dalam proses pembelajaran Bahasa Jepang MAN 1 Magelang menggunakan pembelajaran berbasis proyek. Dimana setelah pemberian materi maka akan dilakukan suatu proyek yang bentuknya disesuaikan dengan materi yang telah diajarkan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk mengambarkan tingkat kemampuan menulis Bahasa Jepang siswa MAN 1 Magelang dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek. Objek dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas XI bahasa MAN 1 Magelang yang mendapatkan mata pelajaran Bahasa Jepang. Dalam penelitian ini berfokus pada kemampuan siswa yang berhubungan dengan kemampuan menulis. Penulis mengumpulkan tugas karangan yang diberikan kepada siswa, kemudian penulis memberikan nilai pada tugas karangan tersebut dan diambil nilai rata-ratanya. Setelah mendaptkan nilai rata-rata dari tiap siswa, penulis menggolangkan nilai siswa dalam kategori: baik, sedang, dan kurang. Selain tingkat kemampuan, penelitian ini juga mencari tahu faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kemampuan siswa dalam menulis. Penulis menggunakan angket tertutup untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan siswa. Angket terdiri dari 10 butir soal, yang mencakup faktor internal dan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kemampuan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, tingkat kemampuan siswa dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek dengan membuat tulisan karangan masih kurang dan perlu ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil tulisan karangan siswa, persentase jumlah siswa yang masuk kategori kurang sebesar 63% dari seluruh kelas. Kemudian berdasarkan dari jawaban hasil angket yang diberikan kepada 27 responden serta hasil wawancara dengan guru pengampu. Dapat diketahui bahwa faktor-faktor internal dari responden masih kurang, seperti contohnya minat dan motivasi. Sedangkan untuk faktor eksternal seperti dorongan orang tua dan guru sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Siswa, Pembelajaran Berbasis Proyek, Sakubun.
Subjects: P Language and Literature > PE English
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 May 2020 16:48
Last Modified: 08 May 2020 16:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36182

Actions (login required)

View Item View Item