PENGEMBANGAN VARIASI APERSEPSI TINDAK TUTUR MENAFSIRKAN INSTRUKSI, TANDA DAN RAMBU UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS X


Albesty Marhesa Priscasari, 2301415024 (2020) PENGEMBANGAN VARIASI APERSEPSI TINDAK TUTUR MENAFSIRKAN INSTRUKSI, TANDA DAN RAMBU UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN VARIASI APERSEPSI TINDAK TUTUR MENAFSIRKAN INSTRUKSI, TANDA DAN RAMBU UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS X]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN VARIASI APERSEPSI TINDAK TUTUR MENAFSIRKAN INSTRUKSI, TANDA DAN RAMBU UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS X) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Apersepsi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru pada awal pelajaran untuk mengarahkan siswa pada materi pelajaran yang akan dipelajari. Kegiatan apersepsi sangat penting dilakukan oleh guru sebelum masuk ke inti pelajaran. Guru seringnya melakukan kegiatan rutin membuka pelajaran seperti, menyapa siswa, berdoa, lalu mempresensi siswa. Dan kegiatan apersepsi yang sering dilakukan hanya mereview pelajaran lalu. Jika hal tersebut dilakukan terusmenerus maka, siswa akan merasa bosan dan tidak tertarik pada pelajaran yang akan dipelajari. Oleh karena itu, dibutuhkan kegiatan apersepsi yang lebih variatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apa saja kebutuhan guru terhadap kegiatan apersepsi dan mengetahui wujud pengembangan variasi kegiatan apersepsi tindak tutur menafsirkan instruksi, tanda dan rambu untuk pembelajaran bahasa Prancis kelas X. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD), yang mengadopsi lima langkah, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Hasil dari penelitian ini, berupa buku variasi kegiatan apersepsi menafsirkan instruksi, tanda dan rambu (instructions, signes, panneaux). Dalam buku ini terdapat dua belas variasi kegiatan apersepsi. Pada tiap kegiatan dilengkapi dengan unsur-unsur, yakni : nama kegiatan, jenis apersepsi, materi, tujuan kegiatan, tujuan pembelajaran, waktu, alat pendukung, serta langkah-langkah penerapan. Kemudian pada tahap akhir, rancangan tersebut dikonsultasikan pada ahli bahasa Prancis untuk mengetahui kekurangannya. Setelah melakukan revisi sesuai komentar dan saran ahli, rancangan ini divalidasi oleh ahli dan dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: apersepsi, tindak tutur, variasi
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 May 2020 16:40
Last Modified: 15 Oct 2020 07:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36180

Actions (login required)

View Item View Item