PENGEMBANGAN HANDOUT KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA PRANCIS UNTUK SISWA SMA KELAS XI


Maulid Musdalifah , 2301414033 (2019) PENGEMBANGAN HANDOUT KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA PRANCIS UNTUK SISWA SMA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN HANDOUT KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA PRANCIS UNTUK SISWA SMA KELAS XI]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN HANDOUT KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA PRANCIS UNTUK SISWA SMA KELAS XI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran diperlukan usaha guru dalam melakukan pembelajaran, baik dari cara guru mengajar serta bahan ajar yang digunakan. Salah satu jenis bahan ajar berbentuk cetak yang dapat digunakan guru adalah handout. Penyusunan handout dapat mengambil dari beberapa literatur yang relevan dengan materi atau kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik. Peneliti akan melakukan penelitian pengembangan bahan ajar berupa handout yang difokuskan pada keterampilan membaca saja untuk kelas XI SMA, sehingga siswa mempunyai buku pegangan untuk berlatih membaca baik di dalam maupun di luar proses pembelajaran. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan guru terhadap handout bahasa Prancis beserta soal latihan untuk keterampilan membaca siswa SMA kelas XI dan mendeskripsikan bagaimanakah wujud pengembangan handout tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang terdiri dari lima tahap, yakni potensi dan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, validasi desain dan revisi produk. Hasil dari penelitian ini yaitu menurut guru dan beberapa siswa, responden menyatakan bahwa mereka memerlukan bahan ajar berbentuk buku pegangan yang dapat digunakan siswa untuk berlatih keterampilan membaca baik di kelas maupun di luar jam pelajaran. Produk yang dihasilkan berupa buku berisi wacana berbahasa Prancis yang terbagi menjadi 10 unit. Materi dalam isi wacana tersebut merupakan tindak tutur yang terdapat dalam Kompetensi Dasar silabus saat ini. Di setiap akhir materi terdapat beberapa soal latihan yang dapat digunakan sebagai alat evaluasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, handout, keterampilan membaca
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 May 2020 16:35
Last Modified: 08 May 2020 16:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36179

Actions (login required)

View Item View Item