PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ANTARTEMAN UNTUK KOMPETENSI SIKAP SOSIAL (KI 2) MATA PELAJARAN BAHASA PERANCIS SMA KELAS X


Agus Arfiyanto , 2301413035 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ANTARTEMAN UNTUK KOMPETENSI SIKAP SOSIAL (KI 2) MATA PELAJARAN BAHASA PERANCIS SMA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ANTARTEMAN UNTUK KOMPETENSI SIKAP SOSIAL (KI 2) MATA PELAJARAN BAHASA PERANCIS SMA KELAS X]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ANTARTEMAN UNTUK KOMPETENSI SIKAP SOSIAL (KI 2) MATA PELAJARAN BAHASA PERANCIS SMA KELAS X) - Published Version
Download (791kB) | Preview

Abstract

Dalam kurikulum 2013 proses penilaian mencakup tiga aspek: aspek pengetahuan, aspek keterampilan dan aspek sikap. Dalam penilaian sikap, terdapat dua aspek: aspek sikap spiritual (KI 1) dan aspek sikap sosial (KI 2). Salah satu teknik penilaian yang dapat digunakan untuk mengetahui kompetensi sikap peserta didik adalah teknik penilaian antarteman. Penilaian antarteman adalah penilaian yang meminta peserta didik untuk saling menilai sikap temannya selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, sampai saat ini masih belum ada instrumen penilaian antarteman aspek sikap, khususnya aspek sikap sosial yang dapat dijadikan pedoman untuk guru SMA dalam melakukan penilaian, terutama pada mata pelajaran bahasaPerancis. Oleh karena itu, perlu dikembangkannya instrumen penilaian antarteman kompetensi sikap sosial untuk siswa SMA, khususnya kelas X. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), terdapat sepuluh langkah yang harus dilakukan, namun penelitian ini hanya mengadopsi lima langkah, yaitu tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Kelima langkah tersebut digunakan untuk membuat instrumen penilaian antarteman pelajaran bahasa Perancis kelas X untuk kompetensi sikap sosial. Hasil dari penelitian ini berupa booklet instrumen penilaian antarteman pada mata pelajaran bahasa Perancis siswa kelas X untuk kompetensi sikap sosial (KI 2). Instrumen tersebut berisi cakupan kompetensi sikap sosial. Tahap akhir pada penelitian ini adalah melakukan revisi desain. Hal ini dilakukan setelah produk divalidasi oleh validator. Hal yang perlu direvisi dalam produk berupa: tampilan cover, urutan indikator sikap sosial, format penilaian. Setelah produk direvisi, produk dapat dimanfaatkan untuk membantu proses penilaian sikap sosial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kurikulum 2013, penilaian antarteman, bahasa Perancis, instrumen, kompetensi sikap sosial
Subjects: P Language and Literature > PE English
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 May 2020 16:29
Last Modified: 08 May 2020 16:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36178

Actions (login required)

View Item View Item