PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEKNIK LINGKUNGAN PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNNES


Emi Pramida , 5101415025 (2019) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEKNIK LINGKUNGAN PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNNES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEKNIK LINGKUNGAN PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNNES]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEKNIK LINGKUNGAN PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNNES) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat telah banyak mempengaruhi berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. E-Learning merupakan salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dijadikan sebagai penunjang media yang sudah ada. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki mahasiswa setelah menerima pengalaman belajar. Hasil belajar yang tinggi merupakan dambaan semua pihak, baik pribadi mahasiswa, orang tua maupun pihak perguruan tinggi. Mata kuliah Teknik Lingkungan merupakan mata kuliah yang wajib diikuti bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil. Beberapa materi pembelajaran yang terdapat dalam mata kuliah Teknik Lingkungan yakni Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan, serta Pembangunan yang berwawasan Lingkungan dan Pengelolaan Lingkungan. Penyelesaian materi terkadang tidak tercapai karena keterbatasan waktu dalam satu materi pelajaran. Aktivitas pembelajaran tidak dapat dilaksanakan apabila dosen berhalangan hadir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo pada mata kuliah Teknik Lingkungan terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang apabila dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan e-learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian true experimental dengan model pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester genap Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang Tahun Ajaran 2018/2019 pada mata kuliah Teknik Lingkungan. Sampel penelitian dipilih teknik total sampling sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu dengan studi pustaka, kuesioner, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo. Peningkatan hasil belajar mahasiswa ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum perlakuan sebesar 65,68 menjadi 86,11. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan kategori cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan tidak menggunakan e-learning berbasis Edmodo

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, E-learning, Edmodo, Teknik Lingkungan, hasil belajar
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 07 May 2020 15:41
Last Modified: 07 May 2020 15:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36171

Actions (login required)

View Item View Item