PENGARUH VARIASI JENIS BAJA TERHADAP KEAUSAN END MILL CUTTER HSS PADA PROSES PEMESINAN CNC MILLING


Friska Ari Yessika , 5201415021 (2019) PENGARUH VARIASI JENIS BAJA TERHADAP KEAUSAN END MILL CUTTER HSS PADA PROSES PEMESINAN CNC MILLING. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH VARIASI JENIS BAJA TERHADAP KEAUSAN END MILL CUTTER HSS PADA PROSES PEMESINAN CNC MILLING]
Preview
PDF (PENGARUH VARIASI JENIS BAJA TERHADAP KEAUSAN END MILL CUTTER HSS PADA PROSES PEMESINAN CNC MILLING) - Published Version
Download (548kB) | Preview

Abstract

Pada penelitian mengenai variasi bahan dan keausan pada alat potong terhadap proses pemesinan milling masih jarang, maka peneliti melakukan penelitian tentang jenis baja pada keausan pahat dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variasi baja terhadap keausan end mill cutter HSS pada proses pemesinan CNC milling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, desain yang digunakan adalah desain Pre - Eksperimental Design dengan menggunakan tipe intac-group comparison, terdapat dua kelompok pada penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Percobaan dilakukan untuk mengetahui keausan end mill cutter dengan menggunakan variasi bahan yaitu baja. Hasil penelitian pengaruh variasi baja terhadap keausan end mill cutter menunjukan, semakain tinggi atau banyak unsur komposisi Cr (chromium) atau kromium pada baja yang digunakan maka semakin cepat end mill cutter mengalami keausan. Variasi bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah baja ST 37, ST 60, dan ST 90. Spesimen uji menggunakan end mill cutter HSS dengan diameter 12 mm. Dalam penelitian ini ciri – ciri yang menggambarkan end mill cutter aus adalah adanya kenaikan suhu, pengurangan berat, dan perbedaan nilai keausan, dan jenis keausannya, terdapat juga jenis keausan yang diperoleh pada setiap spesimennya seperti Flank Wear, Chipping, Deformasi Plastis, Nose Wear, Cracking. Hasil tersebut menunjukan bahwa jenis bahan mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam menentukan jenis produksi yang akan kita buat dalam proses pemesinan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Variasi Jenis Baja, milling, CNC milling, End mill cutter
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 May 2020 14:24
Last Modified: 06 May 2020 14:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36160

Actions (login required)

View Item View Item