PENGEMBANGAN BUKU ELEKTONIK (E-BOOK) REKONSTRUKSI CERITA FABEL BERMUATAN NILAI ANTIKORUPSI UNTUK SISWA SMP
Fitri Hayati, 2101415037 (2020) PENGEMBANGAN BUKU ELEKTONIK (E-BOOK) REKONSTRUKSI CERITA FABEL BERMUATAN NILAI ANTIKORUPSI UNTUK SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU ELEKTONIK (E-BOOK) REKONSTRUKSI CERITA FABEL BERMUATAN NILAI ANTIKORUPSI UNTUK SISWA SMP)
- Published Version
Download (562kB) | Preview |
Abstract
Adanya buku elektronik atau e-book merupakan bukti teknologi yang sudah masuk ke bidang pendidikan. Tidak dapat dipungkiri bahwa era milenial ini sangat lekat dengan adanya teknologi. Salah satunya yang sudah lekat dan akrab adalah gawai atau gadget yang setiap hari dipakai oleh semua lapisan masyarakat, baik anak sekolah maupun guru. Gawai menjadi prioritas utama bagai kehidupan di era milenial atau digital ini. Oleh karena itu, perlunya inovasi dalam penggunaan gawai di lingkungan sekolah salah satunya dengan memanfaatkan gawai sebagai media yang inovatif dan interaktif dengan menggunakan buku elektronik khususnya materi cerita fabel. Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap buku elektronik cerita fabel, (2) mendeskripsikan prinsip pengembangan buku elektronik rekonstruksi cerita fabel bermuatan nilai antikorupsi (3) mendeskripsikan prototipe buku elektronik rekonstruksi cerita fabel bermuatan nilai antikorupsi (4) mendeskripsikan penilaian validator ahli terhadap buku elektronik rekonstruksi cerita fabel bermuatan nilai antikorupsi dan (5) mendeskripsikan perbaikan prototipe buku elektronik rekonstruksi cerita fabel bermuatan nilai antikorupsi berdasarkan nilai validator. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan hanya sampai lima dari sepuluh tahap dikarenakan lima tahap tersebut sudah bisa mewakili kebutuhan penelitian. Lima tahap dalam penelitian ini, terdiri atas (1) pengkajian awal, (2) perencanaan langkah penelitian, (3) mengembangkan prototipe produk, (4) validasi produk, dan (5) revisi produk. Hasil penelitian, yaitu (1) guru dan siswa membutuhkan buku elektronik rekosntruksi cerita fabel sebagai media pembelajaran sastra agar lebih menarik (2) prinsip pengembangan meliputi aspek isi cerita, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaa; (3) prototipe buku meliputi sampul, bagian awal buku, bagian isi buku, dan bagian akhir buku; (4) perolehan persentase nilai aspek isi cerita sebesar 90%, aspek penyajian 75%, aspek kebahasaan 95%, aspek grafika 81,2% dengan presentase nilai rata-rata sebesar 85,7% yang berarti layak; (5) perbaikan prototipe buku elektronik dilakukan pada aspek isi, aspek penguatan nilai antikorupsi. Saran yang ditujukan kepada beberapa pihak, yaitu guru dan siswa dapat menggunakan buku elektronik yang dikembangkan dalam penelitian ini sebagai sumber belajar tambahan dan peneliti bidang bahasa Indonesia perlu mengadakan penelitian lanjutan untuk menguji keefektivan buku elektronik yang dikembangkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku elektronik, cerita fabel,antikorupsi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 05 May 2020 16:51 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 07:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36144 |
Actions (login required)
View Item |