PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL INDUKTIF DAN MEDIA BAGAN ALIR PENYUSUNAN TEKS DESKRIPSI BERDASAR GAMBAR PADA SISWA KELAS VII A SMP N 40 SEMARANG


Oktafia Dwi Arifiani , 2101415030 (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL INDUKTIF DAN MEDIA BAGAN ALIR PENYUSUNAN TEKS DESKRIPSI BERDASAR GAMBAR PADA SISWA KELAS VII A SMP N 40 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL INDUKTIF DAN MEDIA BAGAN ALIR PENYUSUNAN TEKS DESKRIPSI BERDASAR GAMBAR PADA SISWA KELAS VII A SMP N 40 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL INDUKTIF DAN MEDIA BAGAN ALIR PENYUSUNAN TEKS DESKRIPSI BERDASAR GAMBAR PADA SISWA KELAS VII A SMP N 40 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam kurikulum 2013 revisi terdapat Kompetensi Dasar mengenai “menyajikan data, gagasan, dan kesan ke dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan/atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis”. Oleh sebab itu, keterampilan menulis teks deskripsi menjadi salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII SMP/MTs karena materi keterampilan tersebut merupakan salah satu aspek dari keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun realitanya peneliti masih menemukan bahwa pembelajaran menulis teks deskripsi belum mendapatkan respon yang positif dari siswa, serta masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu sebesar 75. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti berupaya untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa menggunakan model induktif dan media bagan alir penyusunan teks deskripsi berdasar gambar. Rumusan masalah dalam penelitin ini, yaitu 1) bagaimana proses pembelajarn menulis teks deskripsi menggunakan model induktif dan media bagan alir penyusunan teks deskripsi berdasar gambar pada siswa kelas VII A SMP N 40 Semarang, 2) bagaimana perubahan sikap sosial siswa dalam pembelajarn menulis teks deskripsi menggunakan model induktif dan media bagan alir penyusunan teks deskripsi berdasar gambar pada siswa kelas VII A SMP N 40 Semarang, 3) bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan model induktif dan media bagan alir penyusunan teks deskripsi berdasar gambar pada siswa kelas VII A SMP N 40 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel terikat berupa keterampilan menulis teks deskripsi dan variabel bebas berupa model induktif dan media bagan alir penyusunan teks deskripsi berdasar. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Simpulan dari penelitian ini, yaitu 1) proses pembelajaran menulis teks deskripsi menggunakan model induktif dan media bagan alir penyusunan teks ix deskripsi berdasar gambar pada siswa kelas VII A SMP Negeri 40 Semarang telah berjalan dengan baik sesuai tahapan dalam perencanaan. Dalam pembelajaran menulis teks deskripsi tersebut mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pemerolehan nilai rata-rata dalam keterampilan menulis teks deskripsi. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,30% dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 93,54%. Hasil tersebut membuktikan bahwa telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 12,24%, 2) sikap sosial siswa kelas VII A SMP Negeri 40 Semarang selama mengikuti proses pembelajaran menulis teks deskripsi menggunakan model induktif dan media bagan alir penyusunan teks deskripsi berdasar gambar mengalami perubahan ke arah yang lebih positif dari siklus I ke siklus II. Nilai sikap pada siklus I diperoleh sebesar 88,16% dan nilai sikap sosial pada siklus II diperoleh sebesar 95,69%. Hasil tersebut membuktikan bahwa terjadi peningkatan nilai sosial siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 7,53%, 3) keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII A SMP Negeri 40 Seamarang setelah mengikuti pembelajaran menulis teks deskripsi menggunakan model induktif dan media bagan alir penyusunan teks deskripsi berdasar gambar mengalami peningkatan. Nilai rata-rata keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII A pada siklus I sebesar 76,25% dengan tingkat ketuntasan sebesar 61,29%. Pada siklus II nilai rata-rata keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kels VII A sebesar 81,70% dengan tingkat ketuntasan sebesar 100%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkna bahwa nilai rata-rata keterampilan menulis teks deskripsi mengalami peningkatan yang baik sebesar 5,39 dan tingkat ketuntasan meningkat sebesar 38,71%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penggunaan model induktif dan media bagan alir penyusunan teks deskripsi berdasar gambar dalam pembelajaran menulis teks deskripsi terbukti dapat meningkatkan hasil keterampilan siswa. Model induktif dan media yang digunakan membuat siswa merasa lebih termotivasi dan tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran. Model induktif dan media bagan alir penyusunan teks deskripsi berdasar gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat digunakan sebagai rujukan untuk penelitian selanjutnya agar ke depannya pembelajaran dapat berjalan dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis teks deskripsi, model induktif, media bagan alir penyusunan teks deskripsi berdasar gambar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 May 2020 16:48
Last Modified: 05 May 2020 16:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36143

Actions (login required)

View Item View Item