PENGEMBANGAN MEDIA PEMBEAJARAN VIDEO TEMATIK BERTEMA TEMPAT WISATA BERSEJARAH BERMUATAN NILAI HUMANIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP


Farah Zulfa Nadila, 2101415009 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBEAJARAN VIDEO TEMATIK BERTEMA TEMPAT WISATA BERSEJARAH BERMUATAN NILAI HUMANIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBEAJARAN VIDEO TEMATIK BERTEMA TEMPAT WISATA BERSEJARAH BERMUATAN NILAI HUMANIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBEAJARAN VIDEO TEMATIK BERTEMA TEMPAT WISATA BERSEJARAH BERMUATAN NILAI HUMANIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP) - Published Version
Download (764kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran dapat mengoptimalkan proses pembelajaran. Bagi guru, media dapat membantu untuk mengkonkritkan konsep dan memberikan motivasi kepada peserta didik supaya belajar berpikir aktif. Ketepatan pemilihan media pembelajaran sangat berpengaruh karena dapat menentukan keberhasilan peserta didik dalam pencapaian belajar. Dewasa ini pembelajaran di sekolah mulai disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi. Untuk itu, diperlukan media pembelajaran yang sesuai, kreatif, inovatif dan memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satu jenis media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu berupa media pembelajaran audio-visual. Media disisipi nilai humanis karena kurangnya tindakan dan sikap peserta didik dalam menghargai sesamanya. Oleh sebab itu, dikembangkan media pembelajaran video tematik bertema tempat sejarah bermuatan nilai humanis untuk mendukung pembelajaran SMP. Tujuan penelitian ini meliputi 1) mendeskripsi kebutuhan peserta didik dan pendidik media pembelajaran video tematik bertema tempat sejarah bermuatan nilai humanis untuk mendukung pembelajaran SMP, 2) mengembangkan prototipe media pembelajaran video tematik bertema tempat sejarah bermuatan nilai humanis untuk mendukung pembelajaran SMP, dan 3) mendeskripsi penilaian ahli terhadap prototipe media pembelajaran video tematik bertema tempat sejarah bermuatan nilai humanis untuk mendukung pembelajaran SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan dengan lima tahapan, yaitu 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain. Sumber penelitian terdiri atas peserta didik, pendidik, dan dosen ahli. Instrumen penelitian berupa lembar angket, pedoman tabulasi instrumen analisis kebutuhan, dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu analisis kebutuhan, tabulasi instrumen, dan wawancara. Analisis dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri atas pemaparan data dan simpulan data. Hasil penelitian ini terdiri atas beberapa hasil. Pertama, analisis kebutuhan menghasilkan karakteristik pengembangan media pembelajaran dalam tiga aspek, antara lain (1) aspek isi atau materi media, (2) aspek ix penyajian, dan (3) aspek bahasa. Kedua, Prototipe media pembelajaran video tematik bertema tempat wisata bersejarah bermuatan nilai humanis untuk mendukung pembelajaran bahasa Indonesia SMP dirancang berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik dan pendidik. Prototipe media pembelajaran terdiri atas dua video, yaitu video tempat wisata bersejarah Sam Poo Kong di Semarang dan Comal Baru di Pemalang. Ketiga, penilaian buku meliputi empat aspek, yaitu (1) aspek isi atau materi, (2) aspek penyajian, (3) aspek bahasa, dan (4) aspek penilaian buku pedoman penggunaan media. Nilai rata-rata yang diperoleh dari setiap aspek yaitu 80 dengan kategori baik. Perbaikan dilakukan pada aspek isi, penyajian, dan penilaian buku pedoman. Terdapat saran yang direkomendasikan peneliti, yaitu 1) media pembelajaran video tematik bertema tempat wisata bersejarah bermuatan nilai humanis untuk mendukung pembelajaran bahasa Indonesia SMP hendaknya dapat dijadikan sebagai pendukung dalam pembelajaran bahasa Indonesia, 2) media pembelajaran video tematik bertema tempat wisata bersejarah bermuatan nilai humanis untuk mendukung pembelajaran bahasa Indonesia SMP hendaknya digunakan oleh pendidik untuk menumbuhkan pendidikan karakter nilai humanis, 3) perlu dilakukan penelitian lebih untuk menguji keefekifan media pembelajaran video tematik bertema tempat wisata bersejarah bermuatan nilai humanis untuk mendukung pembelajaran bahasa Indonesia SMP, sehingga media yang disusun dapat digunakan secara maksimal dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, video tematik, tempat wisata bersejarah, nilai humanis.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 May 2020 16:41
Last Modified: 15 Oct 2020 07:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36142

Actions (login required)

View Item View Item