PENGARUH POLA KOMUNIKASI GURU TERHADAP PERILAKU DISIPLIN ANAK DI TK WILAYAH SEMARANG BARAT


Winda Wahyuning Astuti , 1601415045 (2020) PENGARUH POLA KOMUNIKASI GURU TERHADAP PERILAKU DISIPLIN ANAK DI TK WILAYAH SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH POLA KOMUNIKASI GURU TERHADAP PERILAKU DISIPLIN ANAK DI TK WILAYAH SEMARANG BARAT]
Preview
PDF (PENGARUH POLA KOMUNIKASI GURU TERHADAP PERILAKU DISIPLIN ANAK DI TK WILAYAH SEMARANG BARAT) - Accepted Version
Download (752kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara pola komunikasi guru terhadap perilaku disiplin anak di TK Wilayah Semarang Barat. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 guru dan 30 anak yang berada di TK wilayah Semarang Barat yang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pola komunikasi dan perilaku disiplin. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode kuesioner (angket). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis statistik deskriptif variabel pola komunikasi guru berdasarkan tabel distribusi frekuensi diperoleh presentase tertinggi sebesar 36,66% dengan skor 103-110 dan frekuensi 11, hasil analisis statistik deskriptif variabel perilaku disiplin anak berdasarkan tabel distribusi frekuensi diperoleh presentase tertinggi sebesar 23,33% untuk skor 103-110 dan 111-118 dengan frekuensi masing-masing 7. Hasil analisis statistik inferensial melalui analisis regresi linier sederhana diperoleh thitung > ttabel (5,408 > 2,048) maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh antara pola komunikasi guru terhadap perilaku disiplin anak di TK Wilayah Semarang Barat. Saran dari penelitian ini yaitu hendaknya guru mampu menemukan pola komunikasi yang sesuai untuk meningkatkan perilaku disiplin anak, kemudian adanya pengawasan dari dinas pendidikan terkait pola komunikasi dalam pembelajaran kepada sekolah sehingga meningkatkan guru dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Guru TK, Perilaku Disiplin, Anak Usia Dini.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 May 2020 16:39
Last Modified: 05 May 2020 16:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36141

Actions (login required)

View Item View Item