GERAK TARI KREASI ANAK TUNARUNGU UNTUK MENGEMBANGKAN KESEIMBANGAN MOTORIK DI TK ANAK HEBAT SEMARANG


Ariska Widyoseptiani , 1601415033 (2020) GERAK TARI KREASI ANAK TUNARUNGU UNTUK MENGEMBANGKAN KESEIMBANGAN MOTORIK DI TK ANAK HEBAT SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of GERAK TARI KREASI ANAK TUNARUNGU UNTUK MENGEMBANGKAN KESEIMBANGAN MOTORIK DI TK ANAK HEBAT SEMARANG]
Preview
PDF (GERAK TARI KREASI ANAK TUNARUNGU UNTUK MENGEMBANGKAN KESEIMBANGAN MOTORIK DI TK ANAK HEBAT SEMARANG) - Published Version
Download (663kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan keseimbangan motorik dengan tari kreasi anak tunarungu di TK Anak Hebat Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis studi deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan teknik pengumpulan data (dokumen). Informan utama dalam penelitian ini adalah 1 guru tari dan 2 guru kelas, dan informan triangulasi adalah 3 orangtua. Teknik analisis data menggunakan teori dari Milles and Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua aspek yaitu gerak tari kreasi pada anak tunarungu dan keseimbangan motorik. Gerak tari kreasi anak tunarungu memiliki cakupan indikator pengertian tari untuk anak tunarungu, bentuk koreografi tari, ciri-ciri tari untuk anak, manfaat tari untuk anak tunarungu. Keseimbangan motorik juga memiliki cakupan indikator yaitu pengertian perkembangan motorik,faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik dan unsur-unsur pembelajaran motorik. Secara garis besar simpulan penelitian ini yaitu pembelajaran tari yang dilakukan terus-menerus dan gerakan-gerakan yang mudah dan berulang-ulang adalah hal penting yang harus diterapkan dalam pembelajaran tari untuk anak tunarungu agar anak mudah memahami dan menghafal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerak Tari Kreasi, Anak Tunarungu, Keseimbangan Motorik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 May 2020 16:34
Last Modified: 05 May 2020 16:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36139

Actions (login required)

View Item View Item