PENGENALAN SAINS KEHIDUPAN MELALUI SENTRA BERKEBUN UNTUK ANAK USIA DINI DI TK ANAK CERDAS UNGARAN


Riska Wardani , 1601415031 (2019) PENGENALAN SAINS KEHIDUPAN MELALUI SENTRA BERKEBUN UNTUK ANAK USIA DINI DI TK ANAK CERDAS UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGENALAN SAINS KEHIDUPAN MELALUI SENTRA BERKEBUN UNTUK ANAK USIA DINI DI TK ANAK CERDAS UNGARAN]
Preview
PDF (PENGENALAN SAINS KEHIDUPAN MELALUI SENTRA BERKEBUN UNTUK ANAK USIA DINI DI TK ANAK CERDAS UNGARAN) - Published Version
Download (719kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dengan anak-anak yang belum mengenal sains kehidupan secara langsung. Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauh mana anak mengenal sains kehidupan melalui sentra berkebun. Penelitian menjelaskan tentang pengenalan sains kehidupan melalui sentra berkebun untuk anak usia dini di TK Anak Cerdas Ungaran. Penelitian dilaksanakan di sentra berkebun tepatnya di TK Anak Cerdas Ungaran. Sentra berkebun merupakan sentra yang menjadi perantara pengenalan sains kehidupan dan anak. Sains kehidupan mencakup tumbuhan, hewan, dan makhluk hidup lainnya, hal tersebuat membuat anak mengenal sains kehidupan lebih mudah karena semuanya ada di sentra berkebun. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan teknik penelitian menggunakan teori Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi lapangan, wawancara, angket terbuka dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah anak mengenal sains kehidupan dengan baik melalui sentra berkebun seperti: anak menjadi tidak pemilih dalam makan sayur atau buah, anak menjadi sayang tanaman, serta anak juga mampu mengenali berbagai proses kejadian yang berlangsung di sentra berkebun seperti: proses pertumbuhan tanaman, dan proses kehidupannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sains, Sains Kehidupan, Sentra Berkebun, Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 May 2020 16:19
Last Modified: 05 May 2020 16:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36138

Actions (login required)

View Item View Item