SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JUMLAH KELUARGA KURANG MAMPU UNTUK MENDAPAT BANTUAN BEASISWA PENDIDIKAN MENGGUNAKAN METODE SAW


Diwa Saputra, 4112313037 (2018) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JUMLAH KELUARGA KURANG MAMPU UNTUK MENDAPAT BANTUAN BEASISWA PENDIDIKAN MENGGUNAKAN METODE SAW. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112313037.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah multikompleks yang setiap tahun menjadi pusat perhatian pemerintah di negara manapun dan tidak terkecuali Negara Indonesia dimana upaya pemerintah dalam menanggulangani kemiskinan telah dimulai sejak tahun 1970-an diantaranya melalui program RASKIN, BSM, KIP dan lain sebagainya. BSM dan KIP merupakan salah satu program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan melalui jalur pendidikan sebab pendidikan dapat meningkatkan sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang tinggi dapat meningkatkan pula taraf hidup akan kesejahteraan masyarakat sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Akan tetapi, dalam kaitannya dengan penyaluran program bantuan untuk keluarga kurang mampu yang akan mendapat bantuan beasiswa pendidikan, dibutuhkan data-data serta variabel-variabel yang cukup memadai sehingga ketepatan dan keakuratan bantuan yang tersalur dapat merata dan tepat sasaran. Dengan demikian dibutuhkan sistem untuk menentukan keluarga kurang mampu secara cepat, efektif dan efisien, yakni sistem pendukung keputusan. Sistem pendukung keputusan dalam hal ini merupakan cara yang digunakan oleh penulis untuk menentukan keluarga kurang mampu yang akan mendapat bantuan beasiswa pendidikan dengan menggunakan metode simple additive weighting dimana konsep dasar metode tersebut ialah penjumlahan terbobot sehingga diperoleh hasil akhir berupa nilai yang telah diolah menggunakan metode tersebut. Adapun hasil akhir dari nilai yang dimaksud akan digunakan untuk menentukan keluarga yang dikatakan kurang mampu untuk mendapat bantuan beasiswa pendidikan. Selain itu, sistem pendukung keputusan yang telah dirancang akan diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman Visual Basic 2010 dengan menggunakan basis data MariaDB sebagai penyimpanan data dari variabel-variabel penentu keluarga kurang mampu. Hasil akhir dari perancangan dan pembuatan program aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 2010 ialah berupa program aplikasi berbasis desktop yang berjalan di sistem operasi Windows. Pada program aplikasi sistem pendukung keputusan tersebut berfungsi untuk mengolah data dan variabel penentu keluarga kurang mampu yang dijalankan menggunakan perintah-perintah pada bahasa pemrograman Visual Basic 2010 sehingga dihasilkan nilai perhitungan secara matematis menggunakan program aplikasi. Jadi, dengan menggunakan program aplikasi sistem pendukung keputusan menggunakan metode simple additive weighting yang diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman Visual Basic 2010 diharapkan dapat membantu pengguna untuk menentukan keluarga kurang mampu yang akan mendapat bantuan beasiswa pendidikan secara efektif serta efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Beasiswa Pendidikan, SPK, SAW, Visual Basic, Basis Data.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 May 2020 15:17
Last Modified: 05 May 2020 15:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36135

Actions (login required)

View Item View Item