PENERAPAN PERMAINAN STIMULASI VISUAL-TAKTIL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KONSEP ANGKA ANAK KELOMPOK A DI TK PERTIWI 02 TEGALSARI TIMUR PEMALANG


Yulita Windiasih, 1601415019 (2020) PENERAPAN PERMAINAN STIMULASI VISUAL-TAKTIL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KONSEP ANGKA ANAK KELOMPOK A DI TK PERTIWI 02 TEGALSARI TIMUR PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PERMAINAN STIMULASI VISUAL-TAKTIL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KONSEP ANGKA ANAK KELOMPOK A DI TK PERTIWI 02 TEGALSARI TIMUR PEMALANG]
Preview
PDF (PENERAPAN PERMAINAN STIMULASI VISUAL-TAKTIL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KONSEP ANGKA ANAK KELOMPOK A DI TK PERTIWI 02 TEGALSARI TIMUR PEMALANG) - Published Version
Download (549kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan terhadap kemampuan mengenal konsep angka anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi 02 Tegalsari Timur melalui permainan stimulasi visual-taktil.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan metode eksperimen serta bentuk desain eksperimen yang peneliti gunakan yaituOne Group Pretest-Posttest Design.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas TK di TK Pertiwi 02 Tegalsari Timur, Pemalang.Treatment kepada anak-anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 30 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis melalui UjiPaired Sample T-test. Semua perhitungan dilakukan menggunakan SPSS IBM 21. Prosentase konsep angka dalam mengenal konsep angka sebelum diberi perlakuan adalah 77,63% kemudian diberi perlakuan permainan stimulasi visual-taktil meningkat menjadi 109,7%. Adapun besar peningkatan kemampuan dalam mengenal konsep angka anak usia dini adalah 32,07%. Berdasarkan perhitungan statistik melalui Uji Paired Sample t-Test, menunjukkan bahwa thitungharus lebih kecil darittabel(thitung<ttabel)dan sig < 0,05. Hasil menunjukan bahwa thitung<ttabelyaitu –32,598< 1.697 dan sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal konsep angka anak usia dini kelompok A setelah diberikan perlakuan dengan penerapan permainan stimulasi visual-taktil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Visual-Taktil, konsep angka
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 May 2020 15:17
Last Modified: 15 Oct 2020 07:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36133

Actions (login required)

View Item View Item