PENERAPAN PERMAINAN STIMULASI VISUAL-TAKTIL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KONSEP ANGKA ANAK KELOMPOK A DI TK PERTIWI 02 TEGALSARI TIMUR PEMALANG
Yulita Windiasih, 1601415019 (2020) PENERAPAN PERMAINAN STIMULASI VISUAL-TAKTIL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KONSEP ANGKA ANAK KELOMPOK A DI TK PERTIWI 02 TEGALSARI TIMUR PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN PERMAINAN STIMULASI VISUAL-TAKTIL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KONSEP ANGKA ANAK KELOMPOK A DI TK PERTIWI 02 TEGALSARI TIMUR PEMALANG)
- Published Version
Download (549kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan terhadap kemampuan mengenal konsep angka anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi 02 Tegalsari Timur melalui permainan stimulasi visual-taktil.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan metode eksperimen serta bentuk desain eksperimen yang peneliti gunakan yaituOne Group Pretest-Posttest Design.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas TK di TK Pertiwi 02 Tegalsari Timur, Pemalang.Treatment kepada anak-anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 30 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis melalui UjiPaired Sample T-test. Semua perhitungan dilakukan menggunakan SPSS IBM 21. Prosentase konsep angka dalam mengenal konsep angka sebelum diberi perlakuan adalah 77,63% kemudian diberi perlakuan permainan stimulasi visual-taktil meningkat menjadi 109,7%. Adapun besar peningkatan kemampuan dalam mengenal konsep angka anak usia dini adalah 32,07%. Berdasarkan perhitungan statistik melalui Uji Paired Sample t-Test, menunjukkan bahwa thitungharus lebih kecil darittabel(thitung<ttabel)dan sig < 0,05. Hasil menunjukan bahwa thitung<ttabelyaitu –32,598< 1.697 dan sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal konsep angka anak usia dini kelompok A setelah diberikan perlakuan dengan penerapan permainan stimulasi visual-taktil.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Visual-Taktil, konsep angka |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 05 May 2020 15:17 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 07:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36133 |
Actions (login required)
View Item |