PEMODELAN REGRESI SPASIAL MENGGUNAKAN GEOGRAPHICALLY WEIGHTED REGRESSION DENGAN PEMBOBOT FIXED KERNEL GAUSSIAN DAN ADAPTIVE KERNEL BISQUARE


Yuninda Diah Pratiwi, 4111414014 (2018) PEMODELAN REGRESI SPASIAL MENGGUNAKAN GEOGRAPHICALLY WEIGHTED REGRESSION DENGAN PEMBOBOT FIXED KERNEL GAUSSIAN DAN ADAPTIVE KERNEL BISQUARE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111414014.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Model regresi linier secara umum bersifat global, dimana estimasi parameternya bernilai sama untuk semua lokasi. Pada kenyataannya, antara lokasi satu dengan lainnya memiliki kondisi yang berbeda. Hal ini memungkinkan adanya keragaman spasial antar lokasi. GWR merupakan metode statistika yang digunakan dalam menganalisis keragaman spasial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi AHH dengan membandingkan model terbaik dari regresi linier dengan GWR pada pembobot fixed kernel gaussian dan adaptif kernel bisquare. Data yang digunakan bersumber dari Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016 dan Provinsi Jawa Tengah Dalam Angka 2017. Software yang digunakan adalah R.3.4.3 dan ArcView GIS 3.3. Uji kesesuaian model dilakukan untuk mengetahui adanya perbedaan antara model regresi linier dengan model GWR. Hasil penelitian menunjukkan model GWR dengan fungsi pembobot fixed kernel gaussian merupakan model terbaik dilihat dari AIC terkecil sebesar dan ( terbesar sebesar . Terbentuk 8 kelompok lokasi yang memiliki peubah penjelas sama yang signifikan terhadap AHH. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai upaya pemberian masukan kepada pemerintah khususnya Dinas Kesehatan untuk penentuan kebijakan dalam rangka meningkatkan AHH masyarakat disuatu daerah yang memiliki AHH yang rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Geographically Weighted Regression, Fixed Kernel Gaussian, Adaptive Kernel Bisquare
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 May 2020 14:29
Last Modified: 05 May 2020 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36125

Actions (login required)

View Item View Item