SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK INFORMASI LOKASI DAN JALUR MENUJU RUMAH SAKIT DI KOTA SALATIGA


Ade Clariano , 5101414030 (2019) SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK INFORMASI LOKASI DAN JALUR MENUJU RUMAH SAKIT DI KOTA SALATIGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS  UNTUK INFORMASI LOKASI DAN JALUR MENUJU  RUMAH SAKIT DI KOTA SALATIGA ]
Preview
PDF (SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK INFORMASI LOKASI DAN JALUR MENUJU RUMAH SAKIT DI KOTA SALATIGA ) - Published Version
Download (543kB) | Preview

Abstract

Angkutan kota merupakan transportasi umum yang sudah menjadi pilihan banyak masyarakat di kota Salatiga terutama bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi untuk berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain tarif yang terjangkau, jumlah armada dan trayek angkutan kota di Salatiga cukup banyak sehingga membuat calon penumpang tidak perlu menunggu lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui SIG dapat membantu memberikan informasi mengenai angkutan umum yang dapat digunakan agar mengurangi para masyarakat menggunakan kendaraan pribadi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Kuantitatif. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggambarkan hasil penelitian berdasarkan kondisi nyata mengenai angkutan umum yang dapat digunakan menuju ke Rumah Sakit di Kota Salatiga dan tetap mengacu pada Peraturan Daerah Kota Salatiga tentang Rencana Tata Ruang Wilayah 2010 – 2030. Teknik Analisis yang digunakan adalah Teknik Network analyst dan teknik pengujian Black box. Teknik Network analyst adalah salah satu jenis teknik analisis jaringan dalam bentuk menentukan dan menampilkan informasi. Teknik Black box adalah teknik yang digunakan untuk menemukan kesalahan dan mendemonstrasikan fungsional aplikasi saat dioperasikan. Hasil penelitian tentang sistem informasi geografis untuk informasi lokasi dan jalur menuju rumah sakit di kota salatiga yaitu: (1) Angkutan yang di gunakan untuk menuju Rumah Sakit di Kota Salatiga yaitu ada 9 Kode Trayek, Kode Trayek 04, 05, dan 06 untuk ke RS Dr. Assmir kota Salatiga, Kode Trayek 05 dan 06 untuk ke RS Puri Asih Kota Salatiga, Kode Trayek 01 dan 02 untuk ke RS Ananda UKSW Kota Salatiga, kode trayek 09 dan 10 untuk menuju RSIA Mutiara Bunda Salatiga, kode trayek 08 untuk menuju RS Paru Ario Wirawan Salatiga, kode trayek 07 untuk menuju RS Sejahtera Bhakti Salatiga, dan kode trayek 10 untuk menuju RSUD Salatiga (2) Jarak terjauh dari Taman Sari menuju Rumah Sakit yaitu pada RS Paru Ario Wirawan dengan jarak ±5 Km dan jarak terdekat yaitu RS Dr. Asmir dengan jarak ±0,9 Km. (3) Aplikasi SIG informasi lokasi dan jalur menuju Rumah Sakit di Kota Salatiga juga membantu masyarakat dalam memilih rumah sakit mana yang terdekat ataupun terbaik untuk pelayanan kesehatan, berdasarkan informasi profil rumah sakit dan akses jalur yang digunakan menggunakan angkutan kota.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Geografis, Rumah Sakit, Jalur, Angkutan Umum
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 04 May 2020 15:46
Last Modified: 04 May 2020 15:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36109

Actions (login required)

View Item View Item