KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI MELALUI MODIFIKASI PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING-SCAFFOLDING


Widya Rizky Fadhilla, 4101414143 (2018) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI MELALUI MODIFIKASI PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING-SCAFFOLDING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101414143.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) apakah kemampuan koneksi matematis peserta didik dengan pembelajaran Circuit Learning – Scaffolding mencapai ketuntasan belajar klasikal 75%, 2) apakah rata-rata kemampuan Koneksi Matematis dengan menggunakan modifikasi pembelajaran Circuit Learning-Scaffolding lebih dari rata-rata kemampuan Koneksi Matematis peserta didik dengan pembelajaran Group Investigation, 3) apakah terdapat interaksi signifikan antara kemampuan berpikir geometri terhadap perubahan nilai kemampuan koneksi matematika pada kelas dengan modifikasi pembelajaran Circuit Learning – Scaffolding. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Pengujian yang dilakukan pada hasil postest adalah uji ketuntasan klasikal, uji perbedaan dua rata-rata dan uji analisis varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) peserta didik pada kelas model Circuit Learning-Scaffolding mencapai ketuntasan belajar klasikal 75% yaitu sebanyak 30 dari 34 peserta didik mencapai nilai KKM, (b) kemampuan koneksi matematis peserta didik menggunakan model Circuit Learning-Scaffolding dengan rata-rata hasil posttest 81,1 lebih dari kemampuan koneksi matematis peserta didik dengan model Group Investigation dengan rata-rata hasil posttest 76,4, (c) terdapat interaksi signifikan antara kemampuan berpikir geometri terhadap perubahan nilai kemampuan koneksi matematis peserta didik dengan modifikasi pembelajaran Circuit Learning-Scaffolding.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Berpikir Geometri, Circuit Learning, Scaffolding.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 May 2020 13:56
Last Modified: 04 May 2020 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36083

Actions (login required)

View Item View Item