KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI DENGAN PERMAINAN EDUKATIF DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI MATEMATIKA


Istiyanti , 4101414140 (2018) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI DENGAN PERMAINAN EDUKATIF DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI MATEMATIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101414140.pdf]
Preview
PDF
Download (13MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan matematis yang harus dikuasai siswa. Pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kondisi serta keadaan siswa akan membuat siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi untuk belajar dan berprestasi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan permainan edukatif. Penelitian ini bertujan untuk memperoleh deskripsi kualitas pembelajaran matematika pada model kooperatif tipe GI dengan permainan edukatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dan deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari motivasi berprestasi matematika tinggi, sedang, serta rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 5 MAN 2 Wonosobo, diambil 6 subjek dengan teknik purposive sampling yang dipilih masing-masing 2 siswa dari tiap tingkatan motivasi berprestasi matematika. Analisis kualitas pembelajaran mengacu pada tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembelajaran. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika mengacu pada langkah pemecahan masalah menurut Krulik & Rudnick. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas pembelajaran pada model kooperatif tipe GI dengan permainan edukatif diperoleh persiapan pembelajaran dalam kriteria sangat baik, pelaksanaan proses pembelajaran dalam kriteria baik, dan evaluasi hasil pembelajaran menunjukkan lebih dari 75% siswa memenuhi KKM, serta rata-rata nilai kelas melebihi KKM, sehingga pembelajaran dinilai berkualitas; (2) subjek kelompok motivasi berprestasi matematika tinggi S-1 dan S-2 mampu menyelesaikan masalah berdasarkan tahap pemecahan masalah Krulik & Rudnick; (3) subjek kelompok motivasi berprestasi matematika sedang S-3 dan S-4 kurang mampu menyelesaikan masalah pada tahap getting the answer, dan belum mampu menyelesaikan masalah pada tahap confirmation of the answer; (4) subjek kelompok motivasi berprestasi matematika rendah S-5 dan S-6 kurang mampu menyelesaikan masalah pada tahap analyze and planning dan belum mampu menyelesaikan masalah pada tahap organizing strategy, getting the answer, serta confirmation of the answer.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematika, kualitas pembelajaran, group investigation, motivasi berprestasi matematika
Subjects: L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 May 2020 13:50
Last Modified: 04 May 2020 13:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36078

Actions (login required)

View Item View Item