KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA


Fitra Inda Permanawati, 4101414139 (2018) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101414139.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis merupakan perwujudan dari berpikir tingkat tinggi yang harus ditanamkan pada cara berpikir siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wangon pada model pembelajaran problem posing mencapai ketuntasan belajar, kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wangon pada model pembelajaran problem posing lebih baik daripada model pembelajaran direct instruction, dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pada model pembelajaran problem posing ditinjau dari rasa ingin tahu siswa. Metode penelitian ini adalah mix methods. Sampel penelitian dipilih dengan teknik random sampling. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan wawancara. Hasil tes dianalisis dengan uji rata-rata satu pihak dan uji proporsi satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wangon pada model pembelajaran problem posing mencapai ketuntasan belajar; 2) kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wangon pada model pembelajaran problem posing lebih baik daripada modelpembelajaran direct instruction; 3) subjek dengan semua tingkatan rasa ingin tahu mampu pada indikator menentukan fakta yang ada dan mengidentifikasi/merumuskan pertanyaan, kurang mampu pada indikator mengidentifikasi/mengendalikan hal-hal yang tidak relevan dan menerima atau menolak keputusan, subjek dengan rasa ingin tahu tinggi dan sedang mampu pada indikator memberikan penalaran yang logis, menjawab pertanyaan “mengapa” dan kesimpulan yang diajukan siswa menjelaskan/membantu menjelaskan fakta, subjek dengan rasa ingin tahu rendah kurang mampu pada indikator memberikan penalaran yang logis, menjawab pertanyaan “mengapa” dan kesimpulan yang diajukan siswa menjelaskan/membantu menjelaskan fakta, subjek dengan rasa ingin tahu tinggi mampu pada indikator kesimpulan yang diajukan siswa konsisten dengan semua fakta yang ada, sedangkan subjek dengan rasa ingin tahu sedang dan rendah kurang mampu pada indikator kesimpulan yang diajukan siswa konsisten dengan semua fakta yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis, problem posing, rasa ingin tahu.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 May 2020 13:21
Last Modified: 04 May 2020 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36072

Actions (login required)

View Item View Item