Analisis Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Omzet Penjualan pada PT. Sampurna Kuningan Juwana.


Susanti, 3352402088 (2007) Analisis Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Omzet Penjualan pada PT. Sampurna Kuningan Juwana. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Omzet Penjualan pada PT. Sampurna Kuningan Juwana.]
Preview
PDF (Analisis Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Omzet Penjualan pada PT. Sampurna Kuningan Juwana.) - Published Version
Download (30kB) | Preview

Abstract

Susanti. 2007. Analisis Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Omzet Penjualan pada PT. Sampurna Kuningan Juwana. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, 120 halaman. Kata kunci: Biaya Kualitas, Omzet Penjualan Sistem biaya kualitas dipakai oleh perusahaan sebagai pengukur keberhasilan program perbaikan kualitas. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan perusahaan yang harus selalu memantau dan melaporkan kemajuan dari program perbaikan tersebut. Biaya kualitas dapat dibandingkan dengan nilai penjualan, semakin rendah nilai ini menunjukkan program perbaikan kualitas semakin sukses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya kualitas terhadap omzet penjualan pada PT. Sampurna Kuningan Juwana baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan PT. Sampurna Kuningan Juwana periode 2004-2005 dengan analisis perbulan, sehingga diperoleh sampel sebanyak 24. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi � = 0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan komponen biaya kualitas yang terdiri dari biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal dan biaya kegagalan eksternal secara signifikan mempengaruhi omzet penjualan dengan kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikatnya sebesar 51,3%. Untuk pengaruh secara parsial menunjukkan bahwa hanya biaya pencegahan, biaya penilaian, dan biaya kegagalan internal yang berpengaruh terhadap omzet penjualan. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah persentase biaya kualitas terhadap omzet penjualan mengalami kenaikan dari tahun 2004-2005, hal ini berarti bahwa telah terjadi perbaikkan kualitas di perusahaan tetapi masih ada masalah dalam pengendalian kualitasnya. Saran yang bisa penulis sampaikan adalah perusahaan perlu meningkatkan lagi biaya kontrol yang terdiri dari biaya pencegahan dan biaya penilaian agar nantinya dapat menekan biaya kegagalannya hal ini dapat ditempuh dengan melakukan investasi dan evaluasi. Dan bagi peneliti selanjutnya hendaknya diharapkan dapat menambah jumlah sampel, sehingga dapat melengkapi keterbatasan yang ada sehingga hasilnya lebih baik. Diharapkan juga bagi peneliti selanjutnya, hendaknya memasukkan faktor lain seperti modal, iklan, strategi pemasaran yang secara teoritis mempengaruhi penjualan peusahaan. Dan hendaknya lebih jeli dalam menganalisa laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Biaya Kualitas, Omzet Penjualan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2011 01:24
Last Modified: 23 Aug 2011 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3607

Actions (login required)

View Item View Item