ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PENDEKATAN RME BERMEDIA QUIPPER SCHOOL


Fariatul Jannah, 4101414135 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PENDEKATAN RME BERMEDIA QUIPPER SCHOOL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101414135.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran matematika, siswa masih mengalami kesulitan dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam konteks yang beragam untuk menjelaskan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terkait dengan kemampuan literasi matematika siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pendekatan RME bermedia Quipper School. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan literasi matematika pada pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pendekatan RME bermedia Quipper School tuntas secara klasikal, (2) rata-rata kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran CPS pendekatan RME bermedia Quipper School dan Discovery Learning pendekatan Scientific, (3) peningkatan kemampuan literasi matematika pada pembelajaran CPS pendekatan RME bermedia Quipper School, dan (4) mendiskripsikan kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran CPS pendekatan RME bermedia Quipper School. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Semarang. Dengan teknik random sampling terpilih kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan data nilai pretest dan posttest kemampuan literasi matematika, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pendekatan RME bermedia Quipper School mencapai ketuntasan klasikal, (2) rata-rata kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran CPS pendekatan RME bermedia Quipper School lebih baik daripada rata-rata kemampuan literasi matematika pada pembelajaran Discovery Learning pendekatan Scientific, (3) peningkatan kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran CPS pendekatan RME lebih tinggi dari peningkatan kemampuan literasi matematika pada pembelajaran Discovery Learning pendekatan Scientific, (4) siswa dengan kemampuan literasi matematika kategori tinggi dan sedang sudah mampu mencapai semua indikator kemampuan literasi matematika walaupun masih terdapat kekurangtelitian dalam pengerjaan, sedangkan siswa dengan kemampuan literasi matematika kategori rendah masih terdapat beberapa indikator yang belum tercapai yaitu indikator menggunakan simbol matematika, menemukan strategi untuk menyelesaikan permasalahan dan menuliskan kesimpulan dari permasalahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematika, CPS, RME, Quipper School.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Apr 2020 18:06
Last Modified: 30 Apr 2020 18:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36067

Actions (login required)

View Item View Item