PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, KREATIVITAS, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI SIKAP BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Novita Nurul Arifah , 7101415213 (2019) PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, KREATIVITAS, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI SIKAP BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, KREATIVITAS, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI SIKAP BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, KREATIVITAS, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI SIKAP BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (939kB) | Preview

Abstract

Pengangguran terdidik dari lulusan universitas menjadi salah satu masalah yang harus diatasi. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan berwirausaha. Kewirausahaan memiliki peran penting dalam membangun ekonomi suatu negara. Oleh karena itu pendidikan kewirausahaan yang diberikan dalam mata kuliah bertujuan untuk menumbuhkan niat berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknologi informasi, kreativitas, dan lingkungan sosial terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Universitas Negeri Semarang melalui sikap berwirausaha sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2015 yang berjumlah 5.926 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 173 responden. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh teknologi informasi terhadap sikap berwirausaha sebesar 9,12%. Kreativitas berpengaruh terhadap sikap berwirausaha sebesar 21,62%. Lingkungan sosial berpengaruh terhadap sikap berwirausaha sebesar 3,53%. Teknologi informasi berpengaruh terhadap intensi berwirausaha melalui sikap berwirausaha sebesar 18,59%. Kreativitas berpengaruh terhadap intensi berwirausaha melalui sikap berwirausaha sebesar 40,97%. Lingkungan sosial berpengaruh terhadap intensi berwirausaha melalui sikap berwirausaha sebesar 11,67%. Sikap berwirausaha berpengaruh terhadap intensi berwirausaha sebesar 16,16%. Adapun pengaruhnya positif dan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh teknologi informasi, kreativitas, dan lingkungan sosial terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Universitas Negeri Semarang melalui sikap berwirausaha. Saran yang dapat disampaikan yaitu mahasiswa lebih meningkatkan pemanfaatan teknologi untuk mencari informasi yang berhubungan tentang bisnis. Mahasiswa sebaiknya lebih berani mengungkapkan ide yang telah dipikirkan. Mahasiswa lebih aktif mwngikuti kegiatan seminar dan bazar yang ada di lingkungan sekitar. Mahasiswa sebaiknya berpikir positif mengenai kegiatan kewirausahaan Mahasiswa sebaiknya lebih fokus terhadap usaha yang ingin dijalankan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi, Kreativitas, Lingkungan Sosial, Sikap Berwirausaha, dan Intendi Berwirausaha
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Apr 2020 16:31
Last Modified: 28 Apr 2020 16:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36017

Actions (login required)

View Item View Item