PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI PROFESI GURU DAN GENDER MELALUI SELF EFFICACY TERHADAP MINAT MENJADI GURU (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)


Ermila Firas Nani , 7101415209 (2019) PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI PROFESI GURU DAN GENDER MELALUI SELF EFFICACY TERHADAP MINAT MENJADI GURU (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI PROFESI GURU DAN GENDER MELALUI SELF EFFICACY TERHADAP MINAT MENJADI GURU (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI PROFESI GURU DAN GENDER MELALUI SELF EFFICACY TERHADAP MINAT MENJADI GURU (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Data tracer study Pendidikan Ekonomi UNNES periode wisuda tahun 2018 yang menunjukkan bahwa pada periode 1 wisuda tahun 2018 hanya 39% lulusan yang bekerja pada instansi pendidikan, periode 2 sebesar 61,5%, dan periode 3 sebesar 22,2%. Berdasarkan data tracer study tersebut, diketahui bahwa lulusan Jurusan Pendidikan Ekonomi sebagian besar tidak bekerja sesuai bidang pendidikannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung motivasi, persepsi profesi guru dan gender melalui self efficacy terhadap minat mahasiswa menjadi guru. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendikan Ekonomi UNNES tahun angkatan 2015 dan 2016 sejumlah 684 mahasiswa. Jumlah sampel sebanyak 252 mahasiswa. Teknik Pengambilan sampel menggunakan metode Disproportionate Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis deskriptif diketahui bahwa minat mahasiswa menjadi guru masuk dalam kategori tinggi namun ada beberapa indikator dalam kategori sedang, motivasi masuk dalam kategori tinggi, persepsi profesi guru dalam kategori baik dan self efficacy masuk dalam kategori tinggi. Secara parsial, minat menjadi guru dipengaruhi oleh motivasi, persepsi profesi guru, self efficacy dan mahaiswa laki-laki memiliki minat menjadi guru lebih tinggi daripada mahasiswa perempuan. Sementara self efficacy dipengaruhi oleh motivasi, persepsi profesi guru dan mahaiswa laki-laki memiliki self efficacy lebih tinggi daripada mahasiswa perempuan. Selanjutnya, secara tidak langsung minat menjadi guru dipengaruhi oleh motivasi dan persepsi profesi guru melalui self efficacy sebagai variabel intervening. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah pihak terkait diharapkan untuk memberikan pengetahuan dan informasi yang memadai tentang profesi guru, memberikan penguatan kepada mahasiswa bahwa mereka dapat berprofesi guru dengan pendidikan yang mereka tempuh sekarang serta memberikan fasilitas berupa kegiatan yang dapat melatih mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu keguruannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Persepsi Profesi Guru, Self Efficacy, Minat Menjadi Guru, Gender
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Apr 2020 15:44
Last Modified: 28 Apr 2020 15:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36016

Actions (login required)

View Item View Item