ANALISIS KEMAMPUAN MANAJEMEN KEARSIPAN SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 AJIBARANG


Rahayuningsih , 7101415200 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN MANAJEMEN KEARSIPAN SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 AJIBARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN MANAJEMEN KEARSIPAN SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 AJIBARANG]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN MANAJEMEN KEARSIPAN SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 AJIBARANG) - Published Version
Download (661kB) | Preview

Abstract

Kearsipan merupakan salah satu dasar program keahlian untuk Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Siswa lulusan SMK Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran diharapkan memiliki kemampuan untuk mengelola arsip dengan baik agar mampu masuk dan bersaing di dunia kerja. Hasil observasi awal di SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang ditemukan masalah yaitu pembelajaran kearsipan masih belum sesuai dengan silabus, serta fasilitas pembelajaran yang belum tersedia lengkap. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan memberikan gambaran seberapa besar kemampuan manajemen kearsipan siswa dari aspek ketelitian, kecerdasan, kecekatan, dan kerapian, serta mengetahui apakah kemampuan manajemen kearsipan siswa telah sesuai dengan kemampuan seorang arsiparis yang dibutuhkan di dunia kerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, jumlah sampel sebanyak 111 orang/responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggukan analisis deksriptif dengan angka indeks. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan manajemen kearsipan siswa ditinjau dari aspek ketelitian masuk kedalam kategori tinggi dengan perolehan angka indeks sebesar 80,98%, aspek kecerdasan masuk kedalam kategori tinggi dengan perolehan angka indeks sebesar 72,23%, aspek kecekatan masuk kedalam kategori tinggi dengan angka indeks sebesar 71,79%, dan aspek kerapian masuk kedalam kategori tinggi dengan angka indeks sebesar 84,92%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan manajemen kearsipan siswa SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang secara keseluruhan sudah baik, namun masih kurang ideal jika dibandingkan dengan kemampuan arsiparis yang dibutuhkan di dunia kerja karena pada aspek kecerdasan dan kecekatan belum mencapai angka yang maksimal. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian ini yaitu, 1) guru hendaknya memberikan arahan dan membiasakan siswa untuk selalu mengecek tugas dan pekerjaan praktiknya, 2) guru hendaknya memberikan variasi pembelajaran dan memperbanyak latihan praktik, 3) guru hendaknya dapat menanamkan nilai-nilai kerapian, kedisiplinan, dan kebiasaan untuk melakukan pekerjaan dengan teratur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Manajemen Kearsipan, Ketelitian, Kecerdasan, Kecekatan, Kerapian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Apr 2020 15:40
Last Modified: 28 Apr 2020 15:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36015

Actions (login required)

View Item View Item