PENGARUH ANTARA ASERTIVITAS DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN SELF ESTEEM DAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Wahid Noer Azizah , 7101415196 (2019) PENGARUH ANTARA ASERTIVITAS DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN SELF ESTEEM DAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH ANTARA ASERTIVITAS DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN SELF ESTEEM DAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI]
Preview
PDF (PENGARUH ANTARA ASERTIVITAS DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN SELF ESTEEM DAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI) - Published Version
Download (978kB) | Preview

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan suatu penundaan yang dilakukan secara sengaja, baik sadar maupun tanpa sadar dan berulang-ulang, dengan melakukan aktivitas lain yang lebih menarik ataupun dianggap lebih penting. Berdasarkan data dari WISUDA dan SITEDI pada Apps UNNES, diketahui bahwa masih banyak mahasiswa yang lulus tidak tepat waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh antara Asertivitas dan Motivasi Berprestasi terhadap Prokrastinasi Akademik dengan Self Esteem dan Self Control sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Skripsi Semester 10,12, dan 14 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 553 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan menggunakan teknik convenience sampling. Jumlah sampel penelitian ini berjumlah 136 mahasiswa. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial yang didalamnya terdapat uji asumsi klasik, Moderated Regression Analysis (MRA), uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asertivitas mempengaruhi prokrastinasi akademik secara negatif, motivasi berprestasi mempengaruhi prokrastinasi akademik secara positif, dan self esteem secara signifikan mampu memoderasi pengaruh asertivitas dan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi akademik, serta self control secara signifikan mampu memoderasi pengaruh asertivitas terhadap prokrastinasi akademik. Saran yang diberikan berkaitan dengan penelitian ini yaitu mahasiswa skripsi Fakultas Ekonomi hendaknya mampu meningkatkan perilaku asertif dan lebih memotivasi dirinya untuk bekerja keras agar lulus tepat waktu serta meningkatkan self control dan self esteem dalam proses pengerjaan skripsinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik, Asertivitas, Motivasi Berprestasi, Self Esteem, Self Control.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Apr 2020 15:33
Last Modified: 28 Apr 2020 15:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36013

Actions (login required)

View Item View Item