ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN IKM KOPI DI KABUPATEN TEMANGGUNG


ELA WULANDARI , 7101415193 (2019) ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN IKM KOPI DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN IKM KOPI DI KABUPATEN TEMANGGUNG]
Preview
PDF (ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN IKM KOPI DI KABUPATEN TEMANGGUNG) - Published Version
Download (900kB) | Preview

Abstract

Perkembangan bisnis semakin banyak menghadapi tantangan yang semakin ketat. Perusahaan harus memiliki daya saing untuk mempertahankan posisi tawar menawar serta menciptakan keunggulan dari para pesaingnya dalam rangka meningkatkn kinerja pemasaran. Strategi yang dapat digunakan untuk menciptakan keunggulan bersaing adalah strategi diferensiasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk dan diferensiasi citra dalam menciptakan keunggulan bersaing dan pengaruhnya terhahadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 156 IKM Kopi di Kabupaten Temanggung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional area random sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi diferensiasi produk, diferensiasi citra, keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 responden diperoleh menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SEM PLS (Structural Equation Modeling Partial Least Square). Hasil analisis menunjukkan hasil yang signifikan dan positif dari diferensiasi produk terhadap keunggulan bersaing, sedangkan diferensiasi citra tidak berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifkan terhadap kinerja pemasaran. Hasil penelitian ini mendukung teori-teori dan hasil penelitian terdahulu. Untuk diferensiasi produk telah mendukung teori dari Porter (1980). Penelitian ini mendukung penelitian yang dilakukan oleh dari Tampi (2015) yang menunjukkan diferensiasi citra tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Penelitian Dwi Endah Lestari (2006) juga terbukti dalam penelitian ini yang menunjukkan keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Simpulan yang diperoleh adalah semakin tinggi perusahan menerapkan strategi diferensiasi produk maka akan meningkatkan keunggulan bersaing, namun semakin tinggi diferensiasi citra yang diterapkan perusahaan belum tentu meningkatkan keunggulan bersaing dan keunggulan bersaing dapat meningkatkan kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Diferensiasi Produk, Diferensiasi Citra, Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Apr 2020 15:19
Last Modified: 28 Apr 2020 15:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36011

Actions (login required)

View Item View Item