PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PENGENDALIAN DIRI, TEMAN SEBAYA DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BAE KUDUS


Anita Almas , 7101415186 (2019) PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PENGENDALIAN DIRI, TEMAN SEBAYA DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BAE KUDUS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PENGENDALIAN DIRI, TEMAN SEBAYA DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BAE KUDUS]
Preview
PDF (PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PENGENDALIAN DIRI, TEMAN SEBAYA DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BAE KUDUS) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan perilaku membeli secara berlebihan dengan mengutamakan kebutuhan sekunder dan tersier daripada kebutuhan primernya yang menyebabkan seseorang menjadi boros. Perilaku konsumtif mulai muncul ketika terjadi perubahan pada pola perilaku konsumsi, yaitu menjadi perilaku konsumsi yang tidak rasional atau hanya karena faktor emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh financial literacy, pengendalian diri, teman sebaya dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bae Kudus baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bae Kudus yang berjumlah 308 siswa. Jumlah sampel sebanyak 75 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu berupa angket atau kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 17,881 - 0,398 X1 - 0,191 X2 + 0,166 X3 + 0,378 X4. Ada pengaruh financial literacy, pengendalian diri, teman sebaya dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif siswa sebesar 71,4%, secara parsial financial literacy berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa sebesar 47,6%, pengendalian diri berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa sebesar 27,2%, teman sebaya berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa sebesar 14,4% dan kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa sebesar 20,1% Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diharapkan siswa dapat menyeimbangkan perilakunya dalam mengkonsumsi suatu barang dan membuat skala prioritas untuk memilih kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu dan bagi orang tua diharapkan terus mengontrol keuangan anaknya supaya tidak boros dalam membelanjakan uang sakunya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Financial Literacy, Pengendalian Diri, Teman Sebaya, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Apr 2020 15:11
Last Modified: 28 Apr 2020 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36009

Actions (login required)

View Item View Item