KESIAPAN BERKARIR MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2015 DITINJAU DARI PENGARUH PERSEPSI KESEJAHTERAAN GURU, FIGUR GURU PANUTAN, DAN PENGALAMAN MENGAJAR MELALUI SELF-EFFICACYSEBAGAI VARIABEL MEDIASI


Ishma Riahmatika , 7101415184 (2019) KESIAPAN BERKARIR MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2015 DITINJAU DARI PENGARUH PERSEPSI KESEJAHTERAAN GURU, FIGUR GURU PANUTAN, DAN PENGALAMAN MENGAJAR MELALUI SELF-EFFICACYSEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KESIAPAN BERKARIR MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2015 DITINJAU DARI PENGARUH PERSEPSI KESEJAHTERAAN GURU, FIGUR GURU PANUTAN, DAN PENGALAMAN MENGAJAR MELALUI SELF-EFFICACYSEBAGAI VARIABEL MEDIASI]
Preview
PDF (KESIAPAN BERKARIR MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2015 DITINJAU DARI PENGARUH PERSEPSI KESEJAHTERAAN GURU, FIGUR GURU PANUTAN, DAN PENGALAMAN MENGAJAR MELALUI SELF-EFFICACYSEBAGAI VARIABEL MEDIASI) - Published Version
Download (669kB) | Preview

Abstract

Kesiapan berkarir menjadi guru merupakan suatu keadaan yang menunjukkan bahwa seseorang merasa kemampuannya telah mencukupi, baik dari segi fisik maupun emosional untuk melakukan pekerjaan berupa mendidik, mengajar dan membimbing peserta didik. Berdasarkan data tracer study alumni Pendidikan Ekonomi UNNES Tahun 2017/2018 yang bekerja di bidang pendidikan atau sebagai guru hanya sebesar 37,7%. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi kesejahteraan guru, figur guru panutan, pengalaman mengajar terhadap kesiapan berkarir menjadi guru melalui self-efficacy sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2015 yang berjumlah 371 mahasiswa. Ukuran sampel penelitian menggunakan rumus slovin pada standard error 5% sebanyak 194 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kesiapan berkarir menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES angkatan 2015 dalam kategori cukup tinggi, persepsi kesejahteraan guru dalam ketegori cukup baik,figurguru panutan dalam kategori baik, pengalaman mengajar dalam kategori baik, dan self-efficacydalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkanadanya pengaruhpositif dan signifikan figur guru panutan, pengalaman mengajar, dan self-efficacyterhadapkesiapan berkarir menjadi guru. Figur guru panutan dan pengalaman mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap self-efficacy. Sementara itu, persepsi kesejahteraan guru tidak berpengaruh terhadap self-efficacy maupun kesiapan berkarir menjadi guru. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa kesiapan berkarir menjadi guru dipengaruhi oleh figur guru panutan, pengalaman mengajar dan self-efficacy. Sementara itu,persepsi kesejahteraan guru tidak berpengaruh terhadap self-efficacy maupun kesiapan berkarir menjadi guru. Self-efficacyberperan sebagai mediasi figur guru panutan dan pengalaman mengajar. Sehingga, saran yang dapat diberikan antara lain pihak perguruan tinggi dapat menyediakan sarana yang menunjang dan dapat mengembangkan skill serta keterampilan mahasiswa sebagai bekal memasuki dunia kerja. Seperti, pelatihan soft skill mahasiswa, bimbingan karirdan penyediaan sarana praktik bekerja sesuai program studi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kesejahteraan Guru, Figur Guru Panutan, Pengalaman Mengajar, Self-Efficacy, Kesiapan Berkarir Meenjadi Guru.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Apr 2020 15:07
Last Modified: 28 Apr 2020 15:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36008

Actions (login required)

View Item View Item