PENGARUH MOTIVASI SEBAGAI MEDIASI DARI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, INCOME EXPECTATIONS, DAN RISK TAKING TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi pada Siswa Kelas XI SMK Nusa Bhakti Tahun Ajaran 2018/2019)


Setyaningrum , 7101415180 (2019) PENGARUH MOTIVASI SEBAGAI MEDIASI DARI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, INCOME EXPECTATIONS, DAN RISK TAKING TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi pada Siswa Kelas XI SMK Nusa Bhakti Tahun Ajaran 2018/2019). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI SEBAGAI MEDIASI DARI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, INCOME EXPECTATIONS, DAN RISK TAKING TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi pada Siswa Kelas XI SMK Nusa Bhakti Tahun Ajaran 2018/2019)]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI SEBAGAI MEDIASI DARI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, INCOME EXPECTATIONS, DAN RISK TAKING TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi pada Siswa Kelas XI SMK Nusa Bhakti Tahun Ajaran 2018/2019)) - Published Version
Download (848kB) | Preview

Abstract

Wirausaha merupakan salah satu alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengurangi tingkat pengangguran pada lulusan SMK di Indonesia. Berdasarkan observasi awal di SMK Nusa Bhakti, alumni 2017 yang berkarir sebagai wirausaha sebanyak 11,6% dan menurun menjadi 3,6% pada alumni 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan, income expectations, dan risk taking berpengaruh terhadap minat berwirausaha melalui motivasi pada siswa kelas XI SMK Nusa Bhakti tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Nusa Bhakti tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 93 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat berwirausaha (Y), sementara variabel independennya meliputi pendidikan kewirausahaan (X1), income expectations (X2), dan risk taking (X3), serta motivasi sebagai variabel intervening (X4). Metode pengambilan data menggunakan kuesioner atau angket. Metode analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) berdasarkan analisis statistik deskriptif, variabel minat berwirausaha, pendidikan kewirausahaan, dan motivasi masuk dalam kategori cukup tinggi, variabel income expectations masuk dalam kategori tinggi, dan variabel risk taking masuk dalam kategori rendah, (2) pendidikan kewirausahaan, income expectations, dan risk taking berpegaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, dan (3) motivasi mampu memediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan, income expectations, dan risk taking terhadap minat berwirausaha. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh paling besar terhadap minat berwirausaha dan motivasi memberikan kontribusi paling besar dalam memediasi pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Saran yang diberikan yaitu dalam menyampaikan materi kewirausahaan, hendaknya guru mendampingi dengan motivasi serta memberikan gambaran mengenai keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha sehingga siswa akan lebih termotivasi untuk menjadi wirausaha dan siap menghadapi segala risiko yang akan terjadi ketika mereka menjalankan sebuah usaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewirausahaan, Income Expectations, Risk Taking, Motivasi, Minat Berwirausaha.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Apr 2020 15:02
Last Modified: 28 Apr 2020 15:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36007

Actions (login required)

View Item View Item