PENGARUH SELF EFFICACY SEBAGAI MEDIASI DARI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Pati Tahun Ajaran 2018/2019)


Yunia Puji Lestari , 7101415176 (2019) PENGARUH SELF EFFICACY SEBAGAI MEDIASI DARI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Pati Tahun Ajaran 2018/2019). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH SELF EFFICACY SEBAGAI MEDIASI DARI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Pati Tahun Ajaran 2018/2019)]
Preview
PDF (PENGARUH SELF EFFICACY SEBAGAI MEDIASI DARI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Pati Tahun Ajaran 2018/2019)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Wirausaha merupakan salah satu alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengurangi tingkat pengangguran pada lulusan SMK di Indonesia. Berdasarkan observasi awal di SMK N 1 Pati, alumni jurusan akuntansi dan keuangan lembaga yang berkarir sebagai wirausaha dari tahun 2015-2018 selalu mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha melalui self efficacy pada siswa kelas XI jurusan akuntansi dan keuangan lembaga SMK N 1 Pati tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan akuntansi dan keuangan lembaga SMK N 1 Pati tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 179 siswa. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5% sehingga didapat jumlah sampel penelitian sejumlah 124 siswa. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner atau angket. Metode analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa variabel minat berwirausaha masuk dalam kategori tinggi, pendidikan kewirausahaan masuk kategori sangat baik, lingkungan keluarga masuk dalam kategori baik dan self efficacy masuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha, dan self efficacy mampu memediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh paling besar terhadap minat berwirausaha serta self efficacy memberikan kontribusi paling besar dalam memediasi pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Saran yang diberikan pihak sekolah hendaknya manambah kegiatan pendidikan kewirausahaan di luar pelajaran dalam kelas seperti kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan lainnya yang mampu menunjang kompetensi kewirausahaan siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Self Efficacy, Minat Berwirausaha.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Apr 2020 14:57
Last Modified: 28 Apr 2020 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36005

Actions (login required)

View Item View Item