Efektivitas Media Komik dengan Media Gambar dalam Pembelajaran Geografi (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas II SMPN I Pegandon Kabupaten Kendal),


Nur Mariyanah, 3201401025 (2005) Efektivitas Media Komik dengan Media Gambar dalam Pembelajaran Geografi (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas II SMPN I Pegandon Kabupaten Kendal),. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Media Komik dengan Media Gambar dalam Pembelajaran Geografi (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas II SMPN I Pegandon Kabupaten Kendal),]
Preview
PDF (Efektivitas Media Komik dengan Media Gambar dalam Pembelajaran Geografi (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas II SMPN I Pegandon Kabupaten Kendal),) - Published Version
Download (222kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah media yang membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran. Penggunaan media yang tepat akan meningkatkan hasil belajar dan membuat proses belajar menjadi menarik dan menyenangkan, dapat mengurangi kesalahpahaman dan ketidakjelasan. Ada beberapa jenis media di antaranya adalah media gambar dan media komik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah hasil belajar menggunakan media komik dan menggunakan media gambar pada pembelajaran geografi pokok bahasan perhubungan dan pengangkutan pada siswa kelas II SMPN I Pegandon? (2) seberapa besarkah efektivitas media komik dan media gambar terhadap pencapaian prestasi belajar siswa pada pembelajaran geografi pokok bahasan perhubungan dan pengangkutan pada siswa kelas II SMPN I Pegandon? Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui efektivitas media komik dengan media gambar dalam pembelajaran geografi terhadap pencapaian prestasi belajar, (2) untuk mengetahui hasil belajar menggunakan media komik dengan menggunakan media gambar pada pokok bahasan perhubungan dan pengangkutan pada siswa kelas II SMP N I Pegandon. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II SMP N I Pegandon Kendal yang keseluruhan berjumlah 197 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu pada kelas II1 sebagai kelompok media komik dan kelas II2 sebagai kelompok media gambar yang diperoleh secara purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media gambar (x1) dan pembelajaran dengan menggunakan media gambar (x2). Analisis data menggunakan uji-t. Ha diterima yaitu terdapat keefektifan yang signifikan antara hasil pembelajaran menggunakan media komik dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran geografi kelas II SMPN I Pegandon. Nilai rata-rata hasil belajar pada kelompok media komik 8,12 sedangkan kelompok media gambar 7,58, sehingga hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media komik lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajar dengan media gambar. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah hasil belajar menggunakan media komik lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media gambar, media komik lebih efektif untuk mencapai prestasi belajar geografi dibandingkan dengan media gambar pada siswa kelas II SMP N I Pegandon Kendal. Saran yang diajukan adalah diharapkan pada pokok bahasan tertentu dapat menggunakan komik strip dan komik buku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Komik, Gambar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2011 02:05
Last Modified: 25 Apr 2015 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/360

Actions (login required)

View Item View Item