PENERAPAN KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN STANDAR DAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE (Studi di Toko Sinar Mas Matahari Kota Semarang)


Agung Dwi Pambudi , 8111412259 (2019) PENERAPAN KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN STANDAR DAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE (Studi di Toko Sinar Mas Matahari Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENERAPAN KLAUSULA EKSONERASI DALAM  PERJANJIAN STANDAR DAN PERLINDUNGAN  HUKUM BAGI KONSUMEN PEMBELIAN PRODUK  SMARTPHONE  (Studi di Toko Sinar Mas Matahari Kota Semarang)  ]
Preview
PDF (PENERAPAN KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN STANDAR DAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE (Studi di Toko Sinar Mas Matahari Kota Semarang) ) - Published Version
Download (807kB) | Preview

Abstract

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen memang telah diterbitkan dan jelas, namun proses pelaksanaanya belum maksimal dengan kata lain peraturan yang ada dalam undang-undang tidak sesuai dengan praktek kehidupan masyarakat. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini antara lain: 1) penggunaan Klausula Eksonerasi dilihat dari asas kebebasan berkontrak; 2) bentuk tanggung jawab penjual atas kerugian yang timbul terhadap barang yang dibeli konsumen; 3) penyelesaian sengketa jika terjadi perselisihan antara konsumen dan pelaku usaha dalam penggunaan klausula eksonerasi. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan undang-undang dan pendekatan kasus. Jenis penelitian yang dilakukan penulis termasuk jenis penelitian deskriptif analitis. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif. Hasil penelitian meyatakan bahwa : 1) Klausula eksonerasi dilihat dari asas kebebasan berkontrak digunakan untuk mengadakan suatu perjanjian yang memuat syarat-syarat perjanjian macam apapun, sepanjang perjanjian itu dibuat secara sah dan beritikad baik, serta tidak melanggar ketertiban umum dan kesusilaan; 2) Bentuk tanggung jawab penjual atas kerugian yang timbul terhadap barang yang dibeli konsumen diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam Pasal 19 sampai dengan Pasal 28. Bentuk tanggung jawab meliputi; a) tanggung jawab ganti kerugian atas kerusakan; b) tanggung jawab ganti kerugian atas pencemaran; c) tanggung jawab ganti kerugian atas kerugian konsumen; 3) Penyelesaian sengketa jika terjadi perselisihan antara konsumen dan pelaku usaha dalam penggunaan klausula eksonerasi dapat dilakukan melalui pengadilan, tuntutan seketika dan melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Klausula Eksonerasi, Perjanjian Standar, Perlindungan Hukum Konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 28 Apr 2020 13:58
Last Modified: 28 Apr 2020 13:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35998

Actions (login required)

View Item View Item