MODEL PENGELOLAAN DAN PENGAWASAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI KOTA SEMARANG (Perspektif Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 1 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan)


Heru Wicaksono , 8111412039 (2019) MODEL PENGELOLAAN DAN PENGAWASAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI KOTA SEMARANG (Perspektif Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 1 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MODEL PENGELOLAAN DAN PENGAWASAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI KOTA SEMARANG (Perspektif Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 1 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan) ]
Preview
PDF (MODEL PENGELOLAAN DAN PENGAWASAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI KOTA SEMARANG (Perspektif Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 1 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan) ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan dalam bidang pendidikan telah mendorong pemerintah Indonesia untuk menyalurkan berbagai bantuan demi keberlangsungan penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Perumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pengelolaan dan pengawasan dana bantuan operasional sekolah Kota Semarang berdasarkan perspektif Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 1 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pendidikan? (2) Bagaimana model pengelolaan dan pengawasan dana bantuan operasional sekolah berdasarkan perspektif Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pendidikan? Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data penelitian berasal dari data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yang berupa wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pendidikan Kota Semarang sesuai guideline atau arahan materi dalam melakukan fasilitasi dan monitoring sekolah-sekolah yang melakukan pengelolaan dana bantuan operasional sekolah dengan mandiri. Namun dalam melakukan pengawasan, Dinas Pendidikan secara melekat dibantu oleh Inspektorat Kota Semarang. Inspektorat Kota Semarang memiliki fungsi lebih khusus dalam melakukan pengawasan terhadap dana bantuan operasional sekolah yakni dengan melakukan pemeriksaan post audit. Simpulan dari penelitian ini adalah pengelolaan dan pengawasan dana bantuan operasional sekolah sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 1 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pendidikan namun masih ditemukan kendalakendala yang menghambat pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dana Bantuan Operasional Sekolah, Pengelolaan, Pengawasan
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 28 Apr 2020 13:29
Last Modified: 28 Apr 2020 13:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35991

Actions (login required)

View Item View Item