PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ANAK DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN PENGASUH TPA DI KELURAHAN SEKARAN, KECAMATAN GUNUNGPATI


Eka Yulia Futwi, 1601415013 (2020) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ANAK DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN PENGASUH TPA DI KELURAHAN SEKARAN, KECAMATAN GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ANAK DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN PENGASUH TPA DI KELURAHAN SEKARAN, KECAMATAN GUNUNGPATI]
Preview
PDF (PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ANAK DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN PENGASUH TPA DI KELURAHAN SEKARAN, KECAMATAN GUNUNGPATI) - Published Version
Download (920kB) | Preview

Abstract

Taman Penitipan Anak merupakan salah satu bentuk layanan PAUD dalam hal pengasuhan dan pembelajaran dengan tujuan mendukung proses tumbuh kembang anak, agar tujuan tersebut tercapai maka dalam sebuah pembelajaran diperlukan pengelolaan. Pengelolaan pembelajaran di taman penitipan anak dilakukan oleh pengasuh dengan tingkat pendidikan yang berbeda di masing-masing TPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran dan kualitas pengasuh berdasarkan tingkat pendidikan pengasuh TPA di Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunungpati. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan penggunaan metode studi deskriptif. Lokasi penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu TPA yang berada di Kecamatan Gunungpati, yaitu TPA Sekar Nagari, TPA Islam Al Mahira, TPA Tunas Sekaran, dan TPA Jungle School sebab pengasuh memiliki tingkat pendidikan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran disebuah TPA ditentukan dari tingkat pendidikan pengasuh. Pengasuh yang memiliki kualifikasi akademik S1 atau D IV PAUD cenderung lebih menguasai seluruh aspek pengelolaan pembelajaran baik dari aspek fungsi pengelolaan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, penilaian dan pengevaluasian, dari aspek prinsip dasar pengelolaan pembelajaran yaitu komitmen dan ketegasan, profesionalitas, komunikasidan koordinasi,dan kompetisi, dari aspek komponen pembelajaran yang meliputi tujuan, isi atau materi pembelajaran, strategi atau metode pembelajaran, dan alat dan sumber atau media yang digunakan dalam pembelajaran. Sehingga direkomendasikan bagi pengasuh yang belum berkualifikasi S1 PAUD untuk menambah wawasan mengenai pengelolaan pembelajaran TPA dengan membaca buku di perpustakaan ataupun dari sosial media. Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan mengikuti pelatihan ataupun seminar dari pemerintah, jika pengasuh memiliki uang lebih maka dapat meningkatkan pendidikannya dengan melanjutkan program pendidikan S1 PGPAUD ataupun mengikuti program diklat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pembelajaran, Tingkat Pendidikan, Pengasuh, Taman Penitipan Anak (TPA).
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 24 Apr 2020 20:06
Last Modified: 15 Oct 2020 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35987

Actions (login required)

View Item View Item