PENGARUH PENERAPAN ALAT PERMAINAN EDUKARIF MESIN “ATM SEDERHANA” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANAK USIA 5-6 TAHUN TENTANG UANG DAN KONSEP MENABUNG


Fitri Alvionita, 1601414120 (2020) PENGARUH PENERAPAN ALAT PERMAINAN EDUKARIF MESIN “ATM SEDERHANA” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANAK USIA 5-6 TAHUN TENTANG UANG DAN KONSEP MENABUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN ALAT PERMAINAN EDUKARIF MESIN “ATM SEDERHANA” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANAK USIA 5-6 TAHUN TENTANG UANG DAN KONSEP MENABUNG]
Preview
PDF (PENGARUH PENERAPAN ALAT PERMAINAN EDUKARIF MESIN “ATM SEDERHANA” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANAK USIA 5-6 TAHUN TENTANG UANG DAN KONSEP MENABUNG) - Published Version
Download (902kB) | Preview

Abstract

Penanaman kebiasaan baik tentang uang dan menabung di mulai sejak anak berusia dini dirasa akan sangat optimal. Hal tersebut dikarenakan anak pada usia dini memiliki kepekaan serta daya tangkap yang baik. Anak usia dini pada umumnya suka menggunakan uang yang diberikan orang tuanya untuk sekedar jajan atau bahkan membeli mainan. Sikap konsumtif pada anak ini yang selanjutnya akan menjadi beban bagi orang tua. Upaya pengenalan uang dan konsep menabung harus dikenalkan dengan menggunakan alat permainan edukatif mesin ATM. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Permainan Edukatif Mesin ATM memiliki pengaruh untuk mengenalkan uang dan konsep menabung pada anak di Paud MJ Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah APE mesin ATM berpengaruh terhadap pengenalan uang dan konsep menabung pada anak di Paud MJ Semarang. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa yang berjumlah 40 siswa dan sample yang digunakan berjumlah 30 siswa kelompok TK B PAUD MJ. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (Angket) penelitian. Teknik analisis data menggunakan metode Paired Sample t-Test. Berdasrkan hasil perhitungan statisitik uji hipotesis diperoleh data uji t-test menggunakan Paired Sample t-Test pada program SPSS diperoleh hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu (19,380 > 2,045) dengan sig = 0,000 Ha diterima dan HO ditolak. Berdasrkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan sikap dan perilaku anak tentang pemahaman uang dan konsep menabung pada siswa setelah diberikan perlakuan menggunakan alat permainan edukatif mesin ATM sederhana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mengenalkan Uang, Konsep menabung dengan menggunakan alat permainan edukatif “Mesin ATM sederhana”
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 24 Apr 2020 20:01
Last Modified: 15 Oct 2020 07:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35986

Actions (login required)

View Item View Item